Bersiap Menuju AKPI yang Modern, Dinamis, dan Profesional
Terbaru

Bersiap Menuju AKPI yang Modern, Dinamis, dan Profesional

Terdapat sejumlah pengembangan dan penambahan bidang baru, meliputi Dewan Standar Profesi, Dewan Pakar, Bidang Kemitraan dan Kerja Sama, Bidang Bimbingan Teknis, dan Bidang Pengabdian Masyarakat.

Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Pengurus dan Dewan Kehormatan AKPI Periode 2022-2025. Foto: RES.
Pengurus dan Dewan Kehormatan AKPI Periode 2022-2025. Foto: RES.

Tepat hari ke-30 sejak Rapat Anggota Tahunan, Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) menggelar seremoni Pelantikan Pengurus dan Dewan Kehormatan AKPI Periode 2022-2025 pada Selasa (4/10) di Hotel The Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta. Dengan pelantikan ini, maka sahlah roda kepengurusan AKPI, di mana seluruhnya memiliki komitmen tinggi untuk mendukung program kerja, pelayanan, dan perkembangan AKPI selam tiga tahun ke depan. Sebelumnya, Imran Nating dan Nien Rafles Siregar telah terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal pada Rapat Anggota Tahunan AKPI, 22 Agustus 2022 lalu.

 

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana, Resha Agriansyah menyampaikan, tak sekadar upacara pelantikan, momen hari ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi antarpengurus dan dewan. Setidaknya, hampir 300 pengurus dan dewan telah dilantik dan siap mengemban tanggung jawab untuk mengabdi kepada seluruh anggota, asosiasi, bangsa dan negara.

 

“Saya sangat berbahagia karena hari ini, di tengah-tengah kita semua banyak kedatangan senior-senior AKPI bahkan pendiri AKPI. Saya mengucapkan selamat kepada rekan-rekan yang akan dilantik menjadi Pengurus AKPI Periode 2022-2025. Tugas untuk mengabdi kepada seluruh anggota, asosiasi, serta bangsa dan negara telah menanti untuk kita laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan kebanggaan untuk menuju AKPI yang modern, dinamis, dan profesional,” kata Resha.

 

Dipimpin langsung oleh Ketua Umum, acara pelantikan diawali dengan penyerahan tanda ucapan terima kasih secara simbolis, kepada Pengurus AKPI Periode 2019-2022. Setelahnya, dibacakan Surat Keputusan Pengangkatan Pengurus AKPI Periode 2022-2023 oleh Sekretaris Jenderal AKPI, juga pelantikan pengurus dan penyematan pin AKPI secara simbolis oleh Ketua Umum AKPI.

 

Sementara itu, Ketua Dewan Kehormatan AKPI 2022-2025, Tonggo P. Silalahi mengungkapkan, AKPI adalah organisasi pengurus dan kurator yang dijalankan sesuai prinsip moral dan batasan; berdasarkan kode etik dan standar profesi. Maka dari itu, ia berharap, seluruh anggota AKPI dapat bekerja dan menjalankan tugas kepengurusan dan kepailitan, dengan tetap berpedoman pada Kode Etik dan Standar Profesi AKPI; sehingga terpelihara integritas, harkat, martabat, kewibawaan, dan profesionalisme.

 

“Kami, Dewan Kehormatan sepakat dan berkomitmen untuk memilih menegakkan muruah AKPI sebagaimana yang telah dilakukan para senior Dewan Kehormatan terdahulu,” Tonggo menegaskan.

 

Bidang Baru

Dalam sambutannya, Ketua Umum AKPI, Imran Nating menyampaikan, di tengah perkembangan profesi kurator dan peningkatan jumlah anggota AKPI, ada perubahan dalam kepengurusan baru ini. Terdapat sejumlah pengembangan dan penambahan bidang baru, meliputi Dewan Standar Profesi, Dewan Pakar, Bidang Kemitraan dan Kerja Sama, Bidang Bimbingan Teknis, dan Bidang Pengabdian Masyarakat. 

Tags: