Catatan Kasus Dugaan Pelecehan Seksual PC Hingga Otoritas yang Berhak Merumuskan RKUHP
Terbaru

Catatan Kasus Dugaan Pelecehan Seksual PC Hingga Otoritas yang Berhak Merumuskan RKUHP

6 cara firma hukum mengatasi tantangan resesi, tak semua PSE adalah PMSE, Velliana Tanaya dekan perempuan pertama FH UPH yang resmi dilantik turut dibahas Hukumonline.

Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Redaksi Hukumonline menayangkan sejumlah artikel terkait isu hukum setiap harinya. Beragam isu hukum disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Untuk Kamis (4/8/2022), Redaksi Hukumonline memilih 5 artikel pilihan yang layak untuk dibaca catatan kasus dugaan pelecehan istri Irjen Ferdy Sambo berinisial PC hingga otoritas yang berhak merumuskan RKUHP. Yuk, kita simak ringkasannya!

  1. Tim Penasihat Hukum Beberkan 8 Catatan Kasus Dugaan Kekerasan Seksual PC

Peristiwa tewasnya Brigadir “J” alias Yoshua Hutabarat di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022 masih ditangani pihak kepolisian. Sehari setelah peristiwa itu, istri Irjen Ferdy Sambo berinisial PC membuat laporan polisi atas dugaan kekerasan seksual. Anggota Tim Penasihat Hukum PC, Sarmauli Simangunsong, membeberkan setidaknya 8 catatan terkait kasus dugaan kekerasan seksual itu. Simak selengkapnya dalam artikel ini!     

  1. 6 Cara Firma Hukum Mengatasi Tantangan Resesi

Pandemi Covid-19 telah berimbas terhadap berbagai sektor kehidupan masyarakat dunia. Salah satu sektor yang sangat terdampak dari pandemi adalah sektor perekonomian. Hal itu berdampak pula pada industri jasa hukum yang harus bisa bersiap menghadapi resesi. Meski resesi mengkhawatirkan, namun hal itu sebetulnya juga dapat menghadirkan beberapa peluang besar bagi firma hukum. Untuk itu, keputusan dan tindakan yang baik dan tepat di masa sekarang dapat membantu keberlangsungan law firm agar tetap bertahan dan berkembang selama masa ekonomi yang sulitSimak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Tak Semua PSE adalah PMSE, Ini Perbedaannya

Pemblokiran sejumlah Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjadi isu di ruang publik. Pasalnya apakah kebijakan Kominfo tersebut secara langsung dapat mempengaruhi pendapatan negara dari sektor PPN khusus Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). Terkait hal ini, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor menyampaikan terminologi PSE berbeda dengan terminologi PMSE yang terkait dengan Kementerian Keuangan. PSE adalah penyelenggara yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik kepada pengguna sistem elektronik. Sedangkan PMSE adalah perdagangan yang transaksinya dilakukan melalui serangkaian perangkat dan prosedur elektronik. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Velliana Tanaya, Dekan Perempuan Pertama FH UPH Resmi Dilantik

Universitas Pelita Harapan melantik Velliana Tanaya sebagai Dekan baru Fakultas Hukum pada Senin (1/8) lalu. Velliana menjadi perempuan pertama yang berhasil menduduki jabatan Dekan Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (FH UPH). Ia menggantikan kepemimpinan Bintan Regen Saragih yang menjabat Dekan sejak tahun 2004. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Otoritas yang Berhak Merumuskan RKUHP

Proses perumusan RKUHP melibatkan sejumlah ahli, mulai dari pakar hukum Indonesia dan profesor hukum. Namun, akademisi Sekolah Tinggi Hukum Indonesia (STHI) Jentera, Bivitri Susanti mengatakan dalam merumuskan RKUHP perlu melihat otoritas yang seperti apa dalam merumuskan RKUHP. “Memang dalam konteks politik dan tata negara, yang akan ketok palu adalah para pemegang kekuasaan karena mereka merupakan pemegang kekuasaan, namun jika dilihat dari konteks demokrasi, maka masyarakatlah yang memiliki otoritas tersebut,” ungkapnya dalam diskusi daring, Kamis (4/8/2022). Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel tersebut dapat memberi informasi tambahan bagi Anda. Simak selengkapnya beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait