Griselda Kurniawan: Membangun Keterampilan dalam Kompleksitas Dunia Hukum bagi Perempuan
Hukumonline NeXGen Lawyers 2024

Griselda Kurniawan: Membangun Keterampilan dalam Kompleksitas Dunia Hukum bagi Perempuan

Menempuh pendidikan magister menjadi strategi Griselda dalam membangun fondasi keahlian hukum. Pengembangan kepribadian dan keterampilan interpersonal juga ia lakukan untuk mengadapi dinamika dan kompleksitas pekerjaan.

Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Corporate Secretary and Compliance Manager PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan, Griselda Kurniawan. Foto: Istimewa
Corporate Secretary and Compliance Manager PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan, Griselda Kurniawan. Foto: Istimewa

Dalam dunia hukum yang semakin kompleks dan beragam, penting bagi para profesional hukum untuk memperkuat dan mengasah keahlian hukum demi memberikan pelayanan yang berkualitas. Terutama bagi para profesional hukum wanita, yang sering kali dihadapkan pada pandangan sebelah mata terhadap kemampuan mereka karena gender. 

Bagi Griselda Kurniawan pandangan tentang perempuan ini bukanlah penghalang. Dia malah memandang hal ini sebagai panggilan untuk membuktikan bahwa keunggulan dalam praktik hukum tidak mengenal batasan gender. Dia ingin membuktikan bahwa keberhasilan adalah hasil mutlak dari dedikasi dan kompetensi.

Griselda yang bekerja sebagai Legal Compliance and Corporate Secretary Manager PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan, percaya pentingnya merancang strategi-strategi untuk mendukung peningkatan keunggulan dalam keahlian hukum. Strategi utamanya adalah menempuh pendidikan, sebagai fondasi membangun keahlian hukum.

Tidak hanya bergantung pada gelar sarjana dari universitas terkemuka, Griselda juga mengambil langkah lebih jauh dengan mengejar gelar strata dua atau magister. Bahkan, dia juga akan mengambil second masters atau Ph.D. 

Menempuh pendidikan yang lebih tinggi bukan hanya merupakan suatu pilihan, melainkan keharusan. Ini penting dalam memberikan kesempatan lebih bagi wanita agar tetap memiliki daya saing dan relevansi di dunia hukum. Terlebih bidang ini sering kali didominasi oleh laki-laki. 

Pendidikan membuka pintu untuk membuat hal-hal yang sebelumnya dianggap tidak mungkin, tetapi pada akhirnya menjadi kenyataan. Selain itu, strategi lain yang dapat ditempuh adalah melalui pendidikan informal. Bagi Griselda, penting untuk mengakses sumber pembelajaran informal seperti kursus, pelatihan, dan seminar. Baik di bidang hukum, maupun bidang lain yang berkaitan. 

Hal ini membantu dalam mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang prinsip-prinsip hukum dan perkembangan terbaru yang dapat menunjang karier di dalam dunia hukum. Oleh karena itu, penting dalam mencari pekerjaan yang tidak hanya memberikan penghasilan yang layak, tetapi juga kesempatan untuk terus mengembangkan diri. 

Tags:

Berita Terkait