Hakim Agung Jadi Milyarder
Jeda

Hakim Agung Jadi Milyarder

Mau kaya mendadak? Ikut saja kuis Who Wants to Be A Millionaire di sebuah stasiun swasta, siapa tahu dapat Rp1 miliar. Kalau mau jadi milyarder, ada cara lain: jadilah hakim agung!

Apok
Bacaan 2 Menit
Hakim Agung Jadi Milyarder
Hukumonline

Kekayaan hakim agung ternyata tidak kalah dengan pengacara. Duitnya bukan lagi hitungan jutaan, melainkan 10 digit alias miliar. Dan, bukan hanya satu-dua hakim agung yang menjadi milyarder.

Data Komisi Pemeriksa Kekayaan Kekayaan Pejabat Negara (KPKPN) mengungkapkan, ada 27 hakim agung yang memiliki kekayaan lebih dari Rp1 miliar. Yang terkaya adalah Prof. Dr. H. Muchsin, SH dengan kekayaan Rp3,195 miliar.

Beberapa nama hakim agung beken yang kerap nongol di media massa dengan kekayaan di atas Rp1 miliar, antara lain: Toton Suprapto (Rp2,005 miliar), Benjamin Mangkoedilaga (Rp2,089 miliar), Taufiq (Rp2.183 miliar), serta alm. Syafiuddin K. yang tewas tertembak (Rp1,110 miliar).

Yang juga masuk dalam daftar hakim dengan kekayaan di atas Rp1 miliar adalah Marnis Kahar (Rp1,407 miliar) dan Soepraptini Sutarto (Rp1,393 miliar). Keduanya, menjadi terdakwa dalam kasus dugaan suap hakim agung.

Bagir Manan, Ketua Mahkamah Agung (MA), malah memiiliki kekayaan lebih kecil dari bawahannya dengan kekayaan di bawah Rp1 miliar (tepatnya Rp678,580 juta). Bagir memang belum setahun menjabat Ketua MA. Sedikit di bawah Bagir adalah Paulus Effendie Lotulung dengan kekayaan Rp535,682 juta.

Hakim agung dengan kekayaan sekitar Rp200 juta, hanya dua: Suroyo (Rp268,149 juta) dan Djufri Ramli (Rp212,700 juta). Namun, hakim agung yang paling "miskin" adalah Riftyal Ka'bah dengan kekayaan Rp184,865 juta. Padahal Riftyal bergelar Dr, MA.

Boleh jadi ada hakim agung yang lebih miskin dari Riftyal. Nama hakim agung Artidjo Alkostar yang masih kontrak rumah dan berangkat ke kantor dengan naik bajaj, tidak ada dalam daftar.

Halaman Selanjutnya:
Tags: