Ini Aspek yang Perlu Diperhatikan Perusahaan dalam Memilih Law Firm
Top 100 Indonesian Law Firms 2023

Ini Aspek yang Perlu Diperhatikan Perusahaan dalam Memilih Law Firm

Seperti pengalaman dan jam terbang law firm, hingga pemahaman tentang peraturan dan hukum terkait perseroan dan Undang-Undang Perseroan Terbatas (UU PT) menjadi kriteria penting dalam pemilihan law firm.

Mochamad Januar Rizki
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi: Hol
Ilustrasi: Hol

Hubungan antara perusahaan dan law firm amat sangat penting dalam konteks hukum dan bisnis. Law firm menjadi mitra strategis bagi perusahaan dalam menyediakan layanan hukum yang diperlukan untuk mendukung operasi dan kegiatan perusahaan. Mulai dari nasihat hukum, representasi perusahaan, legal audit dan berbagai kegiatan hukum lainnya. Terdapat berbagai aspek diperhatikan perusahaan saat menunjuk suatu lawfirm tersebut melakukan tugas-tugasnya.

Direktur Utama PT Putra Rajawali Kencana Tbk (PURA) Ariel Wibisono menyampaikan pemilihan law firm yang tepat memiliki peranan penting dalam mendukung operasional perusahaan dan penyelesaian masalah hukum yang dihadapi. Ariel menyebut beberapa hal penting. Pertama, pengalaman dan jam terbang law firm menjadi faktor penting dalam memilih mitra hukum yang dapat memberikan solusi yang efektif dan tepat waktu. Keberhasilan law firm dalam menangani kasus sebelumnya dan keahlian mereka di bidang spesifik menjadi pertimbangan utama.

Kedua, kemampuan negosiasi dan komunikasi juga menjadi kriteria yang diutamakan. Ariel menekankan pentingnya law firm yang memiliki kemampuan negosiasi yang baik dan mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif dalam menangani masalah hukum yang kompleks. Selain itu, seorang advokat juga dituntut tak hanya memahami isu hukum semata, tapi juga mengerti bisnis perusahaan yang sedang ditangani. Begitupula lawyer yang dapat memahami lanskap bisnis perusahaan dengan baik akan dapat memberikan solusi yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Ketiga, pemahaman tentang peraturan dan hukum terkait perseroan dan Undang-Undang Perseroan Terbatas (UU PT) menjadi kriteria penting dalam pemilihan law firm. Law firm yang memiliki pemahaman mendalam tentang peraturan dan hukum terkait korporasi akan membantu perusahaan dalam mematuhi regulasi yang berlaku dan menghindari potensi risiko hukum. Ariel juga mengungkapkan kesulitan yang pernah dihadapi perusahaan dalam menemukan law firm berpengalaman pada bidang khusus yang dibutuhkan.

“Kesulitan, terutama di dalam menemukan negotiator dan communicator yang bagus dengan pembelaan hukum yang praktis. Lalu, adanya cost yang mahal dikarenakan meliputi banyak orang dalam penanganan kasus kecil maupun besar,” ujar Ariel, Rabu (21/6/2023).

Baca juga:

Terpisah, Group Legal Advisor Pamapersada Group, Boy Gemino menjelaskan secara umum industri jasa hukum telah berkembang mengikuti kompleksitas kebutuhan bisnis saat ini. Terdapat  kantor hukum yang sudah memiliki spesifikasi keterampilan sesuai dengan kebutuhan klien.

Tags: