Lika-liku Karier Johanes A. Candra, dari Tim Personalia Menjadi Pucuk Tim Legal Perusahaan Ternama
Utama

Lika-liku Karier Johanes A. Candra, dari Tim Personalia Menjadi Pucuk Tim Legal Perusahaan Ternama

Sempat ikut ujian pengacara, tapi tidak memilih karier sebagai profesional lawyer.

Willa Wahyuni
Bacaan 4 Menit
Lika-liku Karier Johanes A. Candra, dari Tim Personalia Menjadi Pucuk Tim Legal Perusahaan Ternama
Hukumonline

Melewati tahapan pengembangan karier agar tidak merasa stagnan adalah proses yang tidak mudah. Meski sangat nyaman dengan posisi yang dijalani saat ini, bukan berarti seseorang terus terlena dan hanya bertahan di zona nyaman.

Adalah Johanes April Candra yang saat ini mengemban amanah sebagai Head of Legal Department PT Toyota Astra Motor melalui lika-liku saat menempuh perjalanan kariernya. Jauh sebelum menjadi bagian tim legal counsel di Toyota Astra Motor, siapa sangka pria yang akrab disapa April ini memulai kariernya bukan di bidang legal.

Sejak menamatkan pendidikan Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro 1994, ia memulai karier sebagai tim personalia dan kekaryawanan di PT Showa Indonesia Manufacturing. Sejak itu, perjalanan karier April dimulai mengurus kekaryawanan.

Baca Juga:

“Dengan perjalanan itu, akhirnya saya diminta untuk fokus ke industri relasi. Jadi saya menangani soal kekaryawanan di luar rekruitmen sampai akhirnya saya diminta fokus di industri kekaryawanan hingga hubungan eksternal juga,” kenang April saat ditemui Hukumonline, Rabu (8/11) pagi.

April memulai karier di PT Showa Indonesia Manufacturing sejak 1994 hingga 2002 dengan tanggung jawab kerja menangani kegiatan hubungan industrial internal perusahaan, menjalin koordinasi dan komunikasi dengan pemangku kepentingan hubungan industrial, dan menangani berbagai aktivitas operasi GA.

Hampir satu dekade menjalani karier di Showa Indonesia, April lalu melanjutkan karier masih di industri yang sama dengan tanggung jawab pekerjaan yang berbeda.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait