MK Luncurkan 34 Buku untuk Kawal Literasi Konstitusi
Terbaru

MK Luncurkan 34 Buku untuk Kawal Literasi Konstitusi

Kegiatan menulis dan peluncuran buku ini diharapkan menjadi kultur sehingga dapat menggeser budaya tutur menjadi budaya tulis.

Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dalam acara peluncuran buku dan talkshow Literasi Konstitusi Mahkamah Konsitusi RI Tahun 2023, Rabu (22/11). Foto: WIL
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dalam acara peluncuran buku dan talkshow Literasi Konstitusi Mahkamah Konsitusi RI Tahun 2023, Rabu (22/11). Foto: WIL

Sejak didirikan 2003 silam, Mahkamah Konstitusi (MK) berkomitmen untuk terus membangun tradisi akademik yang salah satunya dituangkan dalam gagasan pemikiran karya tulis ilmiah berbentuk buku.

Sebagai ikhtiar MK untuk meningkatkan budaya akademisi melalui karya tulisan ini, di momentum usia yang ke-20, MK RI kembali meluncurkan buku-buku ilmiah yang ditulis oleh Hakim Konstitusi, Hakim Konstitusi yang sudah purna tugas, pegawai MK, hingga mitra kerja MK. 

Kegiatan peluncuran buku ini merupakan diseminasi bagi perkembangan keilmuan di bidang hukum dan konstitusi. Selain itu, peluncuran buku oleh MK menjadi wadah bagi para pegawai dan keluarga besar MK yang memiliki minat dan bakat dalam menulis. 

Baca juga:

“Sejak berdiri pada tahun 2003, MK memiliki tradisi untuk internal MK menulis buku setiap tahunnya. Sejak 2019 MK telah rutin meluncurkan buku dan hingga tahun ini terus meningkat yang diluncurkan setiap tahunnya,” ujar Ketua MK RI, Suhartoyo dalam pembukaan peluncuran buku MK RI pada Rabu (22/11) di Perpustakaan Nasional Indonesia.

Penulis-penulis tersebut adalah orang-orang yang memiliki kepedulian di bidang penulisan terkait pengembangan ilmu pengetahuan konstitusi. Suhartoyo terus mendorong agar tradisi menulis menjadi budaya di MK dapat menjadi keberhasilan perubahan kultur di institusi MK.

“Penuangan ide, wawasan, dan buah pikiran di dalam sebuah buku merupakan salah satu perwujudan amanat konstitusi yaitu mencerdaskan kecerdasan bangsa dan menjadi kontribusi nyata,” ujarnya.

Tags:

Berita Terkait