Pagelaran ICC Indonesia Bahas Soal IKN Hingga Debat Ala Oxford
Utama

Pagelaran ICC Indonesia Bahas Soal IKN Hingga Debat Ala Oxford

Konferensi arbitrase tahunan ini diikuti oleh lebih dari 150 orang dengan latar belakang praktisi hukum, in-house counsel, dan profesi legal lainnya yang berdiskusi tentang praktik arbitrase internasional dan hubungannya dengan konteks Indonesia.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Acara International Chamber of Commerce (ICC) Indonesia Arbitration Day yang ke-5 di Jakarta, Rabu (5/7). Foto: WIL
Acara International Chamber of Commerce (ICC) Indonesia Arbitration Day yang ke-5 di Jakarta, Rabu (5/7). Foto: WIL

International Chamber of Commerce (ICC) Indonesia Arbitration Day yang ke-5 telah diselenggarakan di Jakarta pada Rabu (5/7). Konferensi interaktif ini dihadiri oleh praktisi hukum dari Indonesia dan luar negeri, berkumpul untuk mendiskusikan topik-topik hangat seputaran arbitrase di Indonesia.

Pada Konferensi ke-5 ini terdapat 4 sesi dengan 4 tema besar dengan panel pembicara yang berasal dari Indonesia, Singapura, dan Malaysia, serta diikuti oleh lebih dari 150 orang peserta dengan latar belakang praktisi hukum, in-house counsels, dan profesi legal lainnya yang berdiskusi tentang praktik arbitrase internasional dan hubungannya dengan konteks Indonesia. 

“Untuk mendukung perkembangan Arbitrase dan Alternative Dispute Resolution(ADR) di Indonesia, acara ini  membahas perkembangan Arbitrase dan ADR yang saat ini yang dibagi dalam beberapa sesi dengan tema mengenai peran arbitrase dan ADR di Ibu Kota Baru, menyatukan yurisdiksi hukum umum dan sipil yaitu produksi dokumen dalam proses arbitrase, menemukan jalan tengah penyelesaian perselisihan para pihak, serta debat ala Oxford dengan tema haruskah arbitrase untuk perselisihan yang melibatkan kepentingan publik dilakukan secara transparan,” ujar Frans Hendra Winarta selaku Ketua Arbitrase dan Komisi Alternative Dispute Resolution ICC Indonesia sekaligus Managing Partner Frans Winarta & Partners saat membuka 5th ICC Indonesia Arbitration Day di Jakarta.

Baca Juga:

Sesi pertama membahas mengenai rencana pemerintah Indonesia untuk memindahkan fungsi administrasi dari Jakarta Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur yang kemungkinan akan mengarah pada peningkatan pembangunan infrastruktur, pertumbuhan ekonomi, dan investasi asing di wilayah tersebut. 

Lantaran banyak proyek sedang diuji cobakan di Nusantara, lanskap ekonomi baru diatur untuk menarik investor dan pemain industri lainnya yang pasti mengarah pada munculnya perselisihan di masa depan. Panelis dalam sesi ini mengeksplorasi peran penting arbitrase & ADR dalam menangani sengketa yang timbul dari proyek Nusantara, baik sebagai mekanisme penyelesaian sengketa utama maupun sebagai alat pelengkap litigasi.

Tema kedua membahas mengenai perlengkapan yang sangat substansial dalam proses arbitrase baik di yurisdiksi hukum umum maupun perdata, yang mana pembuatan dokumen masih mengundang perdebatan kontroversial di antara pengguna dan klien. 

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait