Peluncuran Buku ‘Mencintai Munir’ Hingga Mengenal PDIH di Fakultas Hukum
Terbaru

Peluncuran Buku ‘Mencintai Munir’ Hingga Mengenal PDIH di Fakultas Hukum

5 cara terhindar dari TPPU, tanggapan MK soal wacana presiden dua periode maju jadi cawapres, ada rumusan 19 pasal dalam RKUHP yang masih mengancam jurnalis dan kebebasan pers turut dibahas Hukumonline.

Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Istri almarhum Munir, Suciwati (tengah) bersama narasumber lain usai acara diskusi peluncuran buku berjudul 'Mencintai Munir', Rabu (14/9/2022). Foto: ADY
Istri almarhum Munir, Suciwati (tengah) bersama narasumber lain usai acara diskusi peluncuran buku berjudul 'Mencintai Munir', Rabu (14/9/2022). Foto: ADY

Redaksi Hukumonline menayangkan sejumlah artikel terkait isu hukum setiap harinya. Beragam isu hukum disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Untuk Kamis (15/9/2022), Redaksi Hukumonline memilih 5 artikel pilihan yang layak untuk dibaca mulai peluncuran buku berjudul Mencintai Munir hingga mengenal Pusat Dokumentasi dan Informasi Hukum (PDIH) di fakultas hukum. Yuk, kita simak ringkasannya!

  1. Suciwati Curahkan Memorinya dalam Buku Mencintai Munir

Istri mendiang almarhum Munir Said Thalib, Suciwati, tak lelah mencari keadilan atas peristiwa pembunuhan yang dialami suaminya itu. Menurutnya, Munir atau yang akrab disapa Cak Munir berperan penting dalam membangun demokrasi dan HAM di Indonesia. Kritik yang dilontarkan Munir terhadap ABRI, bagi Suciwati itu karena Munir mencintai lembaga itu dan ingin TNI/Polri profesional menjalankan tugas dan fungsinya. “Munir berupaya memperjuangkan kesejahteraan prajurit TNI/Polri,” kata Suciwati dalam peluncuran buku berjudul Mencintai Munir di bilangan Kemang Jakarta, Rabu (14/9/2022). Simak selengkapnya dalam artikel ini!     

  1. Simak! Ini 5 Cara Terhindar dari Tindak Pidana Pencucian Uang

Ketua Dewan Audit Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sophia Wattimena, mengungkapkan masyarakat dapat berperan dalam mencegah pencucian uang. Setidaknya terdapat lima cara. Pertama, masyarakat harus memberikan identitas dan informasi yang benar ke lembaga jasa keuangan. Kedua, masyarakat tidak menerima dana yang tidak diketahui asal-usulnya. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Begini Tanggapan MK Soal Wacana Presiden Dua Periode Maju Jadi Cawapres

Berkenaan pemberitaan di media massa mengenai isu presiden yang telah menjabat dua periode mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden (cawapres) sebagaimana disampaikan Fajar Laksono, Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri, Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi (MK) RI, yang sekaligus menjalankan fungsi kejurubicaraan, MK menyampaikan sejumlah tanggapan/klarifikasi. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Mengapa RKUHP Harusnya Menjamin Kemerdekaan Pers?

Setidaknya ada 19 pasal dalam Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) berpotensi mengancam jurnalis dan kebebasan pers. Analisis itu berbasis kasus-kasus yang pernah terjadi sebelumnya. Lantas, mengapa RKUHP seharusnya menjamin kemerdekaan pers? Pertanyaan ini menjadi topik hangat dalam sesi IG Live Bantuan Hukum Update berjudul “Kemerdekaan Pers dalam Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana”, Rabu (14/9/2022) kemarin. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Mengenal Apa Itu ‘PDIH’ di Fakultas Hukum?

Eksistensi perpustakaan bagi fakultas hukum merupakan hal penting. Ragam literatur hukum baik dalam bentuk buku hingga karya tulis ilmiah jelas menjadi kebutuhan bagi mahasiswa dan dosen. Sebagai pusat ilmu pengetahuan, sebagian bacaan tersebut juga mulai berevolusi menjadi bentuk digital yang umum termuat dalam komputer perpustakaan. Namun ternyata, bagi sejumlah perguruan tinggi memanggil perpustakaan dengan sebutan lain, seperti Pusat Dokumentasi dan Informasi Hukum (PDIH) di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB). Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel tersebut dapat memberi informasi tambahan bagi Anda. Simak selengkapnya beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait