Pesan dan Harapan 2 'Jawara' Hukumonline Legal Clinic Awards 2023
Utama

Pesan dan Harapan 2 'Jawara' Hukumonline Legal Clinic Awards 2023

Ajang Hukumonline Legal Clinic Awards 2023 ini sebagai bentuk apresiasi terhadap para mitra Klinik Hukumonline ini diharapkan bisa terus digelar setiap tahunnya.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Pesan dan Harapan 2 'Jawara' Hukumonline Legal Clinic Awards 2023
Hukumonline

Memasuki tahun keempat penyelenggaraan Hukumonline Legal Clinic Awards 2023, mengusung tema “Pahlawan Literasi Hukum: Semakin Melek Hukum Bersama Mitra Klinik Hukumonline”. Pengumuman pemenang dari 14 kategori Hukumonline Legal Clinic Awards 2023 ini telah diumumkan pada Jum’at (10/11/2023) bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Diantara 14 kategori, ada pemenang kategori Mitra Klinik Terbaik Kategori Lembaga Riset Bidang Hukum yang dimenangkan Indonesian Center for Legislative Drafting (ICLD); dan Mitra Klinik Terbaik Kategori Pusat Studi Hukum di Kampus yang dijuarai Pusat Kajian Hukum Bisnis Fakultas Hukum Universitas Airlangga (PKHB FH Unair).

“Pertama-tama terima kasih kepada Hukumonline yang awalnya telah memberi kami kesempatan untuk berkontribusi kepada publik tentang pengetahuan hukum dan informasi hukum yang berguna, khususnya di bidang ilmu perundang-undangan,” ujar Direktur Eksekutif ICLD Dr. Fitriani Ahlan Sjarif melalui sambungan telepon dengan Hukumonline, Senin (13/11/2023).

Baca Juga:

Atas penghargaan yang diterima, ia mengaku bahagia dan akan menjadikan apresiasi yang diberikan terhadap ICLD sebagai penyemangat dalam melakukan pemberian informasi perihal hukum dan perundang-undangan. “Apalagi konteks sekarang, pembuatan peraturan perundang-undangan itu dinamikanya cukup tinggi, kayaknya perlu informasi yang mengedukasi masyarakat,” kata dia.

Hukumonline.com

Direktur Eksekutif ICLD Dr. Fitriani Ahlan Sjarif (kedua dari kanan) bersama pengurus ICLD lain.

Kerja sama dengan Hukumonline ini membuat ICLD merasa mempunyai wadah media untuk menyampaikan informasi-informasi hukum tersebut. Mengingat pembentukan hukum nasional tidak sekedar kewajiban pemerintah, meski pemerintah memiliki kewajiban utama dalam hal itu. Tetapi di era dewasa ini partisipasi publik dan bantuan dari unit eksternal seperti LSM atau media hukum seperti Hukumonline akan sangat dibutuhkan dalam mendukung pembentukan hukum di Indonesia yang lebih baik.

“Ketika Hukumonline mempunyai mitra yang cukup banyak dalam mendukung, saya optimis kalau pembentukan hukum ini akan banyak ter-support dengan informasi hukum yang baik dan mungkin secara teori lupa bagi teman-teman yang belajar hukum, tapi sebenarnya kita me-refresh. Belum lagi sekarang Hukumonline audiensinya bukan lagi sebatas orang hukum ya, banyak sekali orang bidang lain yang tertarik.”

Tags:

Berita Terkait