Plannen, Instrumen Pemerintahan yang Belum Banyak Dilirik

Plannen, Instrumen Pemerintahan yang Belum Banyak Dilirik

Mustahil ada pemerintahan yang dijalankan tanpa rencana. Dalam beberapa hal, rencana pemerintahan digugat ke pengadilan.
Plannen, Instrumen Pemerintahan yang Belum Banyak Dilirik

Pepatah dalam bahasa Perancis: Gouverner, c’est pre’voir mungkin sangat cocok dengan negara Indonesia. Melaksanakan pemerintahan, begitu makna pepatah itu, adalah membuat rencana-rencana. Sebagai negara kepulauan dengan potensi ancaman bencana alam sangat besar, pemerintahan Indonesia sudah sepatutnya memiliki rencana-rencana penanggulangan bencana yang komprehensif.

Sebagai negara dengan banyak gunung berapi yang sewaktu-waktu dapat meletus, Indonesia seharusnya punya lembaga penanggulangan bencana yang kuat, anggaran darurat bencana yang memadai, pusat-pusat riset kebencanaan yang banyak, dan menyediakan prasarana dan sarana yang dibutuhkan. Semua itu dipersiapkan dalam rencana-rencana penanggulangan bencana, baik di pusat maupun daerah.

Rencana-rencana, dalam kajian Hukum Administrasi Negara lazim disebut plannen, merupakan salah satu instrumen pemerintahan. Maksudnya adalah sarana-sarana atau alat-alat yang digunakan oleh pemerintah atau administrasi negara dalam menjalankan tugas-tugasnya. Instrumen pemerintahan lainnya adalah peraturan perundang-undangan (regeling), keputusan (beschikking), peraturan kebijakan (beleidsregel), dan perizinan (vergunning).

Mustahil ada pemerintahan yang dijalankan tanpa rencana-rencana. Faktanya, dalam menjalankan tugas dan wewenang, badan-badan pemerintahan banyak membuat rencana, baik yang diturunkan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) atau jangka panjang maupun implementasi dari Peraturan Daerah (Perda).

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional