Profil 3 Delegasi FHUI, Juara I Hukumonline Legal Opinion Competition 2023
Utama

Profil 3 Delegasi FHUI, Juara I Hukumonline Legal Opinion Competition 2023

Perlombaan Hukumonline Legal Opinion Competition 2023 menjadi perlombaan yang menantang dan berkesan bagi delegasi FHUI.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Delegasi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI): Nafila Andriana Putri, Helen Solagratia, Tazkia Nafs Azzahra.
Delegasi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI): Nafila Andriana Putri, Helen Solagratia, Tazkia Nafs Azzahra.

Hukumonline Legal Opinion Competition 2023 telah usai diselenggarakan dan pemenangnya pun sudah diketahui. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Hukumonline ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa/i hukum selaku generasi penerus bangsa di bidang industri hukum untuk mengemukakan pendapat mengenai pandangan mereka terhadap suatu isu yang tengah terjadi di masyarakat dari perspektif hukum.

Pada Jumat (6/10) lalu, delegasi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) keluar sebagai juara pertama, diikuti Fakultas Hukum Universitas Jember (FH Unej) di posisi kedua, dan Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera (STHI Jentera) pada di posisi ketiga.

Pada tahap final, nilai dari ketiga delegasi tersebut tidak jauh berbeda antara satu dengan yang lain. Sebelumnya, pada tahap final terdapat 6 tim yang unjuk kebolehan mereka dalam memberikan pendapat hukum.

Baca Juga:

“Enam tim yang dihadirkan dalam tahap final saya kira semua bermutu dan kaya akan argumentasi, baik dalam penggunaan teori dan dasar hukum serta penguasaan materi-substansi,” ucap Dekan Fakultas Hukum Universitas Yarsi, M. Ryan Bakry selaku juri akademisi kepada Hukumonline.

Babak final Hukumonline Legal Opinion Competition 2023 tersebut telah diselenggarakan pada Jumat (6/10) secara daring.

“Perlombaan ini menjadi perlombaan yang menantang dan berkesan bagi saya karena dari segi isu hukum tidak hanya bermain dalam lingkup normatif, tapi seperti yang salah satu dosen saya pernah berkata bahwa dalam hak cipta dan hukum teknologi kita harus usahakan memahami bagaimana bisnis prosesnya dan itulah yang menjadi tantangan terbesar karena dari kami bertiga tidak ada yang familiar dengan NFT maupun blockchain,” ujar Helen Solagratia salah satu perwakilan delegasi FH UI.

Bagi Helen, Hukumonline Legal Opinion Competition 2023 adalah capaian yang kesekian kali baginya. Sebelumnya, angkatan FHUI 2020 ini memenangkan sejumlah penghargaan di bidang legal drafting, di antaranya 1st winner Constitutional Law Festival National Legislative Drafting Competition dan Best Paper Constitutional Law Festival National Legislative Drafting Competition FH Universitas Brawijaya, 1st Winner Lomba Karya Tulis Ilmiah Prof. Romli Atmasasmita dan Best Paper, Lomba Karya Tulis Ilmiah Prof. Romli Atmasasmita FH Universitas Padjadjaran, 1st Runner Up Airlangga National Legal Opinion Competition FH Universitas Airlangga dan sejumlah penghargaan di bidang menulis lainnya.

Kemudian rekan satu kelompoknya, Nafila Andriana Putri adalah peraih 2nd Place Legal Opinion Competition, Trunojoyo Law Fair 2022, Best Presentation Legal Opinion Competition, Brawijaya Law Fair 2022, 1st Place and Best Paper Legal Opinion Competition Renaisans Law Competition 2022, Top 9 Best Legal Opinion, Legal Opinion Competition UII Law Fair Piala Moh. Natsir, Best Legal Opinion chosen by Req News in National Legal Opinion Competition, 1st Place and Best Presentation Legal Opinion Competition Marvelaw UNNES 2021, dan pernah menjadi delegasi Universitas Indonesia untuk National Moot Court Competition Abdul Kahar Muzakkir 2021 lalu.

Delegasi FHUI lainnya adalah Tazkia Nafs Azzahra yang juga kerap memenangkan kompetisi karya tulis ilmiah dan esai. Di antaranya memenangkan 1st Place at Lomba Karya Tulis Ilmiah Forjust Unram Piala Prof. Natsir 2022, 1st Runner-up National Legal Opinion Competition FH Unair 2022, 1st Place in Kompetisi Ilmiah Nasional Universitas Pancasila 2022, 1st Place in the National Legislative Essay Competition UNNES 2021, 1st Place in the National Lexellence Essay Competition Univ. Prasetiya Mulya 2022, 1st Place in the National Arutala Essay Competition UNY 2022, dan 1st Runner-up in the National Constitution Opinion Competition UTM 2021.

Tags:

Berita Terkait