Suara Indonesia dalam World Symposium of Notaries & XXV Brazilian National Congress
Pojok INI

Suara Indonesia dalam World Symposium of Notaries & XXV Brazilian National Congress

Bersama-sama mewujudkan peran notaris Indonesia di dunia internasional!

Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Delegasi INI pada World Symposium of Notaries & XXV Brazilian National Congress di Brasilia, Brazil. Foto: istimewa.
Delegasi INI pada World Symposium of Notaries & XXV Brazilian National Congress di Brasilia, Brazil. Foto: istimewa.

Pada 8-10 November 2023, Ikatan Notaris Indonesia (INI) telah berpartisipasi dalam World Symposium of Notaries & XXV Brazilian National Congress di Brasilia, Brazil. Partisipasi ini merupakan wujud komitmen INI untuk berkontribusi dan mengembangkan bidang notaris di tingkat global.

 

Pada momen tersebut, hadir sebagai delegasi INI, yaitu Kabid HLN PP INI, Anne Gunadi; Kabid Sosial PP INI, Herlina; Bendahara PP INI, Peni Inggriani; Anggota Bidang HLN, Sri Intansih; Anggota Bidang HLN, Maria Pranatia; Anggota Bidang HLN, Reni Andriyani; dan Sekretaris Bidang, Jeany Elly Wawolumadja.

 

Terdapat dua kegiatan pada 8 November 2023 di mana INI berpartisipasi secara aktif. Pada pukul 09.30-18.30 waktu setempat, telah diselenggarakan steering committee; juga sidang-sidang komisi pada pukul 15.30-18.30 waktu setempat. Dalam sidang komisi, delegasi INI berkontribusi dalam pembahasan dan pertukaran gagasan dengan delegasi lain, membahas pengalaman dan tantangan yang dihadapi masing-masing negara, serta mempertimbangkan peran UINL dalam meningkatkan pemahaman dan implementasi HAM.

 

“Bahwa kami ingin mengetahui apa-apa saja yang dapat dilakukan notaris di berbagai negara guna meningkatkan fungsi sosial notaris dan juga berupaya memberikan masukan positif bagi UINL dalam bidang kemanusiaan (human right),” kata Kabid Sosial PP INI, Herlina yang menghadiri Sidang Komisi Hak Asasi Manusia.

 

Selain Hak Asasi Manusia, sidang komisi juga meliputi Komisi Tema dan Kongres, Komisi Pemberantasan Pencucian Uang, Komisi Etika Nasional, Komisi Jaminan Sosial Nasional, Komisi Otentisitas Digital, dan Komisi Organisasi Internasional.

 

Hari Kedua World Symposium of Notaries di Brazil

Pada hari kedua, acara World Symposium of Notaries & XXV Brazilian National Congress di Brasilia, Brazil fokus pada Joint Meeting General Council and General Meeting of Member Notariats serta Symposium on Electronic Acts and Dejudicialization yang berlangsung mulai pukul 09.00-18.30. Diawali dengan pembukaan resmi oleh President of the Brazilian Notarial College (CNB), Gizelle Oliveira, dan President of the International Union of Notaries (UINL), Lionel Galliez, simposium pertama mengangkat tema  ‘Digitalization: Notarial Authentication with Online Appearance’.

 

Dari tema tersebut, lahir diskusi-diskusi mendalam terkait instrumen autentik dalam bentuk digital, sebagai prasyarat penampilan online, sistem penampilan online saat ini, risiko penampilan online, dan presentasi dekalog tentang autentikasi notarial dengan penampilan online. Terdapat sejumlah narasumber terkemuka yang berasal dari berbagai negara dalam simposium ini, di antaranya Prancis, Meksiko, Republik Ceko, Maroko, Quebec, Estonia, dan Brasil.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait