Terbaru

Syarat-Syarat Karya Intelektual yang Dapat Dipatenkan

Paten dapat melindungi penemuan dan mendatangkan royalti. Faktanya, tidak semua hal dapat dipatenkan. Lalu, apa syarat karya intelektual yang dapat dipatenkan?

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi syarat karya intelektual yang dapat dipatenkan. Sumber: pexels.com
Ilustrasi syarat karya intelektual yang dapat dipatenkan. Sumber: pexels.com

Baru saja menciptakan sebuah penemuan atau inovasi dalam bidang teknologi? Yuk, segera daftarkan patennya! Namun perlu diingat, tidak semua karya dapat dipatenkan. Lalu, apa syarat karya intelektual yang dapat dipatenkan? Temukan jawabannya dalam uraian berikut.

Apa Itu Paten?

Sebelum membahas perihal apa syarat karya intelektual yang dapat dipatenkan, mari kenali dulu soal paten. Apa itu paten?

Pasal 1 angka 1 UU Paten menerangkan bahwa paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas invensinya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu agar dapat menggunakan invensinya atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk menggunakan invensinya.

Dengan paten, seseorang dapat melindungi dan mendapatkan manfaat ekonomi dari invensi atau hasil penemuannya, terutama ketika digunakan oleh pihak lain. Keuntungan yang dimaksud berupa royalti. Sebagai informasi, royalti merupakan imbalan yang diberikan untuk penggunaan hak atas paten.

Berdasarkan Pasal 2 UU Paten, ada dua jenis pelindungan paten, yakni paten dan paten sederhana. Pasal 3 UU Paten jo.Pasal 107 UU Cipta Kerja menerangkan bahwa paten diberikan untuk invensi yang baru, mengandung langkah inventif, dan dapat diterapkan dalam industri. Sementara itu, paten sederhana diberikan untuk setiap invensi baru, pengembagan dari produk atau proses yang telah ada, memiliki kegunaan praktis, serta dapat diterapkan dalam industri.

Jenis Karya yang Dapat Dipatenkan

Untuk menjawab apa syarat karya intelektual yang dapat dipatenkan, penting untuk digarisbawahi bahwa paten tidak sama dengan hak cipta. Paten dan hak cipta merupakan dua jenis kekayaan intelektual yang saling melengkapi.

Hak cipta melindungi ciptaan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, seni, dan sastra. Contohnya, buku, lagu, karya fotografi, dan lain-lain.

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru

Lihat Semua