Tim Hukum dan Advokasi Prabowo-Gibran Didominasi Berlatarbelakang Advokat
Melek Pemilu 2024

Tim Hukum dan Advokasi Prabowo-Gibran Didominasi Berlatarbelakang Advokat

Mayoritas berlatarbelakang advokat yang juga menjadi politisi, hingga dosen hukum tata negara yang juga berprofesi advokat.

Rofiq Hidayat
Bacaan 3 Menit
Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di tengah pendukungnya. Foto: Instagram Prabowo
Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di tengah pendukungnya. Foto: Instagram Prabowo

Masing-masing pasangan calon presiden-calon wakil presiden (Capres-Cawapres) memiliki tim kampanye nasional yang terdiri dari berbagai bidang. Tak terkecuali khusus tim hukum yang menjadi bagian dari ujung tombak dalam menangkal berbagai ‘serangan’ terhadap pasangan capres-capres.

Tak jarang tim hukum pasangan capres-cawapres diisi oleh sejumlah nama-nama besar yang menjalani profesi atau disiplin ilmu hukum dengan pengalaman panjang. Tapi ada pula wakil rakyat di parlemen yang membidangi hukum. Khusus pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka ada sejumlah nama tenar yang bertengger dalam barisan tim hukum Koalisi Indonesia Maju. Lantas siapa saja tim hukum dan advokasi capres-cawapres Prabowo-Gibran ?.

Berdasarkan penelusuran, terdapat 270 orang sedari pejabat, purnawirawan polisi dan TNI, perwakilan kelompok rellawan hingga selebritas masuk dalam daftar Tim Kampanye Nasional yang diumumkan November lalu. Ketua TKN digawangi Rozan Roeslani. Sedangkan Ketua Koordinator Stratregis dikomandoi Sufmi Dasco Ahmad. Setidaknya ada 22 orang yang menjadi Wakil Ketua Umum TKN.

Nah, dalam struktur TKN Koalisi Indonesia Maju, ada tujuh tim. Yakni Alpha, Bravo, Charlie, Delta, Echo, Fanta dan Golf. Sedangkan Tim Echo membidangi hukum dan advokasi. Tim Hukum dan Advokasi  ini dikomandoi oleh Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat yang notabene sebagai anggota Komisi III DPR, Hinca  Pandjaitan yang juga berlatarbelakang advokat. Hinca merupakan pendiri dan direktur utama LQQ Media Law Office sejak 2003 hingga saat ini.

Baca juga:


Dalam mengomandoi Tim Hukum dan Advokasi, Hinca didampingi enam orang wakilnya. Yakni Habiburokhman yang notabene Wakil Ketua Komisi III  DPR dan Ketua Bidang Advokasi Partai Gerindra.  Perjalanan karir Habiburokhman sejak 2005 mendirikan Serikat Pengacara Rakyat (SPR) yang kerap mengajukan gugatan class action.Dia pun mendirikan Kantor Hukum Habibuokhman & Co yang berkantor di bilangan Menteng Jakarta Pusat.

Selain kerap menjadi tim advokasi dan juru bicara saban kali Prabowo maju dalam Pilpres, Habiburokhman tercatat sempat mendirikan dan memimpin Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) yang berisi kumpulan advokat yang berperan besar dalam memenangkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno saat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2017 silam.

Tags:

Berita Terkait