Terbaru

Yasonna: JDIHN harus hadir menyongsong Digital Government

Menkumham berharap semoga di tahun 2022 seluruh Anggota JDIHN dapat memberikan kinerja yang terbaiknya.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 3 Menit
Menkumham Yasonna H Laoly. Foto: RES
Menkumham Yasonna H Laoly. Foto: RES

Koordinasi dan kerja sama yang efektif antara Pusat Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum Nasional (JDIHN) dan Anggota JDIHN dalam mengelola dokumentasi dan informasi hukum menjadi penting mewujudkan sistem dan basis data nasional terintegrasi. Demikian pula kerja sama dan koordinasi antar sesama Anggota JDIHN baik di tingkat pusat maupun di daerah. JDIHN mampu mewujudkan ekosistem digital government yang memudahkan masyarakat memperoleh informasi atau data hukum secara cepat dan terpercaya.

Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H. Laoly menjelaskan anggota JDIH yang terintegrasi dalam Portal JDIHN.GO.ID akan menjadi Khazanah Digital Dokumen Hukum Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh segenap pemangku kepentingan. JDIHN harus menjadi sarana yang efektif dalam mewujudkan masyarakat cerdas hukum di Tanah Air.

“Kementerian Hukum dan HAM sebagai pembina atau Pusat JDIHN memiliki kewajiban untuk melaksanakan secara optimal tugas dan fungsi yang diembannya, melalui kerja sama dan sinergi dengan semua Anggota JDIHN,” kata Yasonna dalam keterangannya di ajang “Pertemuan Nasional Pengelola JDIH dan JDIHN Awards Tahun 2021” secara daring, Kamis (2/12/201).

Keberadaan JDIH pada sebuah institusi merupakan implementasi reformasi birokrasi sekaligus reformasi digital di bidang pelayanan hukum. Menkumham mengajak seluruh Anggota JDIHN untuk meningkatkan kualitas pengelolaan JDIH masing-masing karena kualitas JDIH Nasional tergantung pada kualitas JDIH seluruh anggota. Program Percepatan Integrasi Anggota JDIHN (PROPESI 2021) adalah terobosan dari Pusat JDIHN dalam mempercepat terbentuknya website JDIH dan pengintegrasian dengan Portal JDIHN.

“Keberanian untuk terus melakukan inovasi harus terus dilakukan agar JDIHN terus tumbuh dan berkembang. Terlebih Kebijakan Pemerintah saat ini dalam mengoptimalkan pemanfaatan TIK dalam pelayanan pemerintah. JDIHN harus hadir menyongsong Digital Government,” kata Yasonna.

Dia memberikan apresiasi atas capaian, inovasi dan kinerja terbaik yang terus dilakukan oleh Pusat JDIHN ataupun Anggota JDIHN. Kinerja terbaik dalam pengelolaan JDIH oleh para pengelola JDIH patut diberikan apresiasi dan pengakuan di tingkat nasional. Untuk itu, Pusat JDIHN kembali memberikan Anugerah JDIHN atau JDIHN Awards bagi Anggota JDIH terbaik di tahun 2021, Selasa (2/12/2021) dari Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta.  

Yasonna menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih oleh para pengelola JDIH dan sekaligus ucapan terima kasih atas kerja sama, dukungan dan komitmen dalam memajukan JDIH.  Anugrah JDIHN (JDIHN Awards) ini diberikan atas kerja keras dan inovasi para pengelola JDIH dalam meningkatan pelayanan publik di bidang dokumentasi dan informasi hukum.

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru

Lihat Semua