Yuk, Ikuti Lomba Penulisan Blog "Unboxing UU PDP dari A Sampai Z" Persembahan University Solution Hukumonline!
Terbaru

Yuk, Ikuti Lomba Penulisan Blog "Unboxing UU PDP dari A Sampai Z" Persembahan University Solution Hukumonline!

20 September 2022, RUU PDP resmi disahkan menjadi undang-undang. Hal ini menjadi babak baru dalam perkembangan pengaturan mengenai pelindungan data pribadi di Indonesia. Untuk merayakannya, University Solution Hukumonline Pro menggelar lomba penulisan artikel blog untuk mahasiswa maupun dosen.

Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Lomba Blog UU PDP
Lomba Blog UU PDP

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menandatangani Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP) pada 17 Oktober 2022. Sebagai perusahaan legal-tech sekaligus media terbesar bagi komunitas hukum, Hukumonline turut menyambut gembira lahirnya UU PDP. Tidak hanya bagi dunia usaha, UU PDP diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia. UU PDP dapat menjadi motor pendorong bagi penghormatan privasi masyarakat dan menciptakan masyarakat yang tertib secara digital. 

Untuk itu, Hukumonline lewat layanan University Solution Hukumonline Pro menyelenggarakan “Lomba Blog UU PDP” yang mengusung tema “Unboxing UU PDP dari A sampai Z”. Para mahasiswa sebagai penggerak dunia ilmiah Indonesia dan selalu adaptif dengan perkembangan isu hukum terkini diharapkan dapat memperkaya wacana pelindungan data pribadi di Indonesia, lewat artikel blog yang dikompetisikan dalam lomba ini. 

Peserta lomba adalah seluruh mahasiswa/i Indonesia yang sedang aktif menempuh studi S1 atau S2 di fakultas hukum atau fakultas syariah di dalam dan di luar negeri. Artikel wajib merupakan hasil karya sendiri dengan mengangkat tema seputar UU PDP, dan belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam kompetisi sejenis. Artikel juga dilarang mengandung unsur pornografi, diskriminasi, SARA, perjudian, kekerasan, serta memperhatikan norma-norma hukum di Indonesia.

Terkait artikelnya, peserta dapat membuat artikel atau analisis singkat 750-1000 kata atas isu-isu terkait UU PDP, antara lain perbandingan sebelum dan sesudah adanya UU PDP di Indonesia, ketentuan-ketentuan menarik dalam UU PDP, tantangan implementasi UU PDP di Indonesia, dampak adanya UU PDP bagi pelaku usaha maupun masyarakat umum, atau perbandingan hukum UU PDP dengan negara lain yang sudah memiliki kebijakan terkait pelindungan data pribadi. 

Artikel tersebut kemudian diunggah pada halaman university blog (sangat disarankan), Medium, Blogspot, atau Wordpress (pilih salah satu). Di dalam body artikel, peserta wajib mencantumkan link ke koleksi UU PDP Hukumonline (https://bit.ly/UUPelindunganDataPribadi) serta merujuk ke minimal 1 (satu) artikel di Hukumonline dengan mencantumkan link ke artikel tersebut.

Pemenang lomba ini akan mendapatkan hadiah menarik dari Hukumonline sebagai berikut.

Juara I

Hadiah Uang Senilai Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah).

Juara II

Hadiah Uang Senilai Rp1.500.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah).

Juara III

Hadiah Uang Senilai Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).

Semua pemenang juga akan mendapatkan free 3 bulan berlangganan Premium Stories Hukumonline, free 3 voucher kelas Online Course, publikasi di rubrik Kolom Hukumonline, dan e-sertifikat.

Segera publish artikelmu dan daftarkan dirimu lewat form s.id/daftar_lombaPDP sebelum 20 November 2022 pukul 23.59 WIB. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 2 (dua) karya. Update seputar lomba dapat disimak di akun instagram @hukum_online. Jika punya pertanyaan, hubungi Ika (WA 0818-0401-0798)/ Ainun (WA 0838-3195-3951).

Segera siapkan tulisan terbaikmu, dan jadilah pemenang lomba ini!

Tags: