Hotasi Minta Kejaksaan Kejar Uang ke AS
Berita

Hotasi Minta Kejaksaan Kejar Uang ke AS

Terdakwa khawatir putusan atas kasusnya akan digunakan untuk kasus Jon Cooper di Amerika Serikat.

FAT
Bacaan 2 Menit
Terdakwa Hotasi Nababan, mantan Dirut Merpati usai sidang di pengadilan tipikor Jakarta. Foto: Sgp
Terdakwa Hotasi Nababan, mantan Dirut Merpati usai sidang di pengadilan tipikor Jakarta. Foto: Sgp

Setelah mendengar tuntutan penuntut umum Kejaksaan beberapa waktu lalu, kini giliran terdakwa Hotasi Nababan yang membacakan nota pembelaan (pledoi). Dalam pledoinya, mantan Direktur Utama Merpati ini menyarankan agar Kejaksaan mengejar pengembalian kekurangan uang dari Thirdtone Aircraft Leasing Group (TALG).

“Jika deposit Merpati itu dianggap uang negara, Kejaksaan RI sebagai pengacara negara seharusnya wajib berupaya keras mengejar pengembalian uang dari kedua orang itu,” ujar Hotasi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (22/1).

Anggaran sewa dua pesawat oleh Merpati ke TALG sebesar AS$1 juta. Dari angka itu, baru sebesar AS$4800 yang sudah dikembalikan TALG. Sedangkan sisanya belum dikembalikan oleh perusahaan yang berdomisili di Amerika Serikat itu.

Kedua orang yang dimaksud Hotasi adalah Alan Messner selaku CEO TALG dan Jon Cooper selaku COO TALG. Pengejaran dari Kejaksaan, lanjut Hotasi, bisa dilakukan melalui kerjasama dengan Interpol dan Kedutaan besar Republik Indonesia (KBRI) yang ada di Amerika Serikat.

“Namun tampaknya Kejaksaan lebuh mudah mempidanakan saya dan Pak Tony sebagai sumber masalah yang terjadi daripada mengejar uang itu,” tutur Hotasi.

Menurut dia, jika Kejaksaan tidak berbuat apa-apa, dan pengadilan di Amerika Serikat melepaskan Jon Cooper dari segala tuduhan, maka baru terjadi kerugian negara dalam kasus ini. Ia menduga, pihak pembela Jon Cooper memantau persidangan dirinya di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Hotasi mengatakan, jika dirinya diputus bersalah dengan modus kelalaian yang disengaja, maka kasus yang menjerat dirinya itu bisa digunakan pengadilan Amerika Serikat untuk meringankan Jon Cooper. “Bahwa perbuatan Jon Cooper yang mentransfer uang itu telah sesuai dan diamini oleh asumsi yang ada di dakwaan dan tuntutan JPU di Indonesia,” ujarnya.

Tags:

Berita Terkait