KPPU Diingatkan Due Process of Law dalam Penegakan Hukum Persaingan Usaha
Terbaru

KPPU Diingatkan Due Process of Law dalam Penegakan Hukum Persaingan Usaha

KPPU harus mengedepankan prinsip due process of law dalam mempertanggungjawabkan kewenangan penuh terkait proses peradilan di KPPU.

Oleh:
Fitri Novia Heriani
Bacaan 4 Menit
Hukumonline.com menggelar seminar secara daring dengan mengangkat tema Due Process of Law dan Upaya Hukum Terhadap Putusan KPPU Pasca Undang-Undang Cipta Kerja. Jakarta, Rabu (30/6). Foto: RES
Hukumonline.com menggelar seminar secara daring dengan mengangkat tema Due Process of Law dan Upaya Hukum Terhadap Putusan KPPU Pasca Undang-Undang Cipta Kerja. Jakarta, Rabu (30/6). Foto: RES

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) merupakan lembaga yang memiliki otoritas untuk melakukan pengawasan dan penegakan hukum di sektor persaingan usaha. KPPU resmi dibentuk pada 7 Juni 2020 atas amanat dari UU No.5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Dalam proses penegakan hukum di KPPU secara garis besar melewati lima tahapan yakni tahap pengumpulan indikasi, tahap pemeriksaan pendahuluan, tahap pemeriksaan lanjutan, tahap penjatuhan putusan dan tahap eksekusi putusan. Adapun perkara dapat berasal dari laporan masyarakat ataupun insiatif KPPU sendiri.

Berbeda halnya dengan lembaga pemberantas korupsi Komisi Pengawas Korupsi (KPK), seluruh proses hukum persaingan usaha berada dibawah kewenangan KPPU. Mulai dari penyelidikan, penyidikan, persidangan hingga penjatuhan putusan dilakukan oleh KPPU. (Baca: Sejumlah Catatan Soal Pemeriksaan Keberatan Putusan KPPU di UU Cipta Kerja)

Untuk upaya hukum lanjutan atas putusan KPPU, terlapor dapat mengajukan keberatan ke Pengadilan Negeri. Setelah rezim UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Ciptaker), upaya keberatan diajukan ke Pengadilan Niaga. Pengalihan ini lebih lanjut diatur dalam Pasal 19 PP No 44 Tahun 2021 jo SEMA No 1 Tahun 2021 dimana terlapor dapat mengajukan keberatan terhadap Putusan KPPU sesuai jurisdiksi pelaku usaha ke Pengadilan Niaga paling lambat 14 hari kerja, setelah menerima pemberitahuan Putusan KPPU.

Dengan kewenangan menjalankan tiga fungsi peradilan di satu lembaga, banyak pihak mempertanyakan due process of law atau proses hukum yang adil di KPPU. Hal ini kemudian memicu pelaku usaha selaku terlapor mengambil langkah upaya hukum keberatan ke Pengadilan Negeri (sekarang ke Pengadilan Niaga) karena menilai putusan KPPU tak adil. Bahkan Posisi KPPU juga dinilai dapat menimbulkan abuse of power.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU), Ningrum Natasya Sirait, mengatakan bahwa perubahan upaya keberatan dari Pengadilan Negeri ke Pengadilan Niaga dapat menjadi kesempatan emas bagi KPPU untuk memperbaiki dan memperkuat kualitas peradilan di KPPU. Menurutnya KPPU harus mengedepankan prinsip due process of law dalam mempertanggungjawabkan kewenangan penuh dalam proses peradilan di KPPU.

“Jika KPPU tidak merepson dengan baik due process of law, maka hasilnya juga tidak biak dan tidak benar. Integrated sistem hanya ada di KPPU, jadi dengan previlage yang dimiliki KPPU, KPPU jangan seenaknya. Kalau kita orang akademik yang kita kedepankan due process of law, bagaimana memastikan 3 fungsi berada di satu lembaga. Di KPPU komisioner ikut menyidangkan. Baru ada kejadian di tahun 2021 KPPU membuat terobosan besar dalam kasus Honda dengan berani menolak gugatan karena melihat ada pertimbangann ekonomi,” katanya dalam Webinar Hukumonline “Due Process of Law dan Upaya Hukum Terhadap Putusan KPPU Pasca Undang-Undang Cipta Kerja,” Rabu (30/6).

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait