Pemahaman Hukum dan Strategi Global Bond Bagi Investor
Info Hukumonline

Pemahaman Hukum dan Strategi Global Bond Bagi Investor

Webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman hukum mengenai global bond secara keseluruhan.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Pemahaman Hukum dan Strategi Global Bond Bagi Investor
Hukumonline

Untuk menghasilkan pendapatan dan memenuhi kebutuhan perusahaan, tidak sedikit perusahaan yang mengambil langkah penerbitan global bond sebagai salah satu upaya dalam menjalankan keperluan perusahaannya. Global bond atau dikenal juga dengan istilah obligasi global adalah sebuah obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan swasta nasional, maupun BUMN dan BUMD.

Namun, keadaan likuiditas yang saat ini semakin ketat di pasar dalam negeri menimbulkan suatu kekhawatiran akan terjadinya sebuah persaingan di antara bank. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang mendorong para investor untuk memilih melakukan investasi pada global bond karena mencari hasil yang lebih tinggi.

Selain itu, pada umumnya bunga yang ditawarkan oleh obligasi lebih tinggi daripada yang diberikan deposito sehingga hal tersebut semakin mendukung investor untuk memilih menginvestasikan asetnya pada obligasi. Oleh karena itu, saat ini pelaku usaha memiliki kesempatan yang tinggi untuk mendapatkan investor melalui penerbitan obligasi, khususnya masa sekarang dimana iklim suku bunga sedang rendah dan hasil obligasi pemerintah yang menurun.

Melihat maraknya proses jual-beli Global Bond korporasi pada saat ini, Hukumonline bekerja sama dengan Tumbuan & Partners akan menyelenggarakan Webinar yang berjudul "Global Bond: Pemahaman Hukum, Strategi Penerbitan Bagi Korporasi, dan Pembelian Bagi Investor" pada Rabu, 27 Oktober 2021 mendatang melalui platform Zoom Webinar.

Dalam webinar ini akan hadir pembicara dari Tumbuan & Partners yang akan membahas topik webinar ini secara lebih lengkap dan mendalam, yaitu Jennifer B. Tumbuan selaku Managing Partner Tumbuan & Partners, Mada Herpadma Kusumasidarta selaku Senior Associate Tumbuan & Partners, dan Risman Yansen Mario Napitupulu selaku Associate Tumbuan & Partners.

Kami membuka pendaftaran webinar ini bagi yang berminat. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini, tempat terbatas, first come first served! Jika Anda tertarik, silahkan klik di sini atau klik gambar di bawah ini!

Hukumonline.com

Sebagaimana diketahui, obligasi global berguna sebagai sebuah surat hutang yang berisi janji antara pihak yang menerbitkan obligasi untuk membayar bunga pada suatu periode tertentu dan melunasi utang pokok, dalam jangka waktu yang telah ditentukan dan disepakati kepada pihak yang membeli obligasi tersebut.

Global bond tidak hanya memberikan manfaat kepada penerbit untuk mendapatkan penghasilan dan melakukan refinancing atas hutang-hutang yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat, tetapi juga kepada investor yang membeli obligasi tersebut. Pembeli obligasi dapat menikmati pendapatan tetap berupa kupon atau bunga yang dibayarkan secara tetap sampai dengan tanggal jatuh tempo dari obligasi tersebut, sehingga pembeli obligasi akan mendapatkan pendapatan berupa bunga secara rutin selama keberlakuan obligasi tersebut.

Namun, pembelian obligasi juga dapat menimbulkan risiko bagi pembeli apabila perusahaan penerbit tidak mampu membayar kupon obligasi maupun mengembalikan pokok obligasi. Karena pergerakan harga obligasi sangat bergantung pada pergerakan tingkat suku bunga, maka diperlukan beberapa strategi dan hal-hal penting yang perlu diperhatikan agar penerbitan maupun pembelian global bond dapat dilakukan dengan perhitungan yang tepat sehingga dapat memberikan keuntungan kepada kedua pihak.

Tags:

Berita Terkait