Pertanggungjawaban Hukum Pengemudi pada Kecelakaan Lalu lintas

Pertanggungjawaban Hukum Pengemudi pada Kecelakaan Lalu lintas

​​​​​​​Ada sejumlah aspek yang mempengaruhi pemidanaan pengemudi pelaku kecelakaan lalu lintas.
Pertanggungjawaban Hukum Pengemudi pada Kecelakaan Lalu lintas
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. Sumber: Shutterstock

Kecelakaan maut terjadi di jalan tol Nganjuk arah Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/11) yang menyebabkan artis Vanessa Angel bersama suaminya Febri (Bibi) Ardiansyah meninggal dunia. Sementara sang sopir, Tubagus Joddy bersama seorang asisten rumah tangga dan anak Vanessa mengalami luka ringan.

Kasat PJR Ditlantas Polda Jawa Timur AKBP Dwi Sumrahadi mengatakan, Vanessa dan Bibi meninggal di lokasi kecelakaan yang bermula saat mobil Pajero Sport warna putih menabrak pembatas jalan di sebelah kiri yang terbuat dari beton. Akibatnya, kendaraan tersebut terpelanting dan berhenti di jalur cepat.

Dwi menyebutkan, sopir Vanessa mengaku tidak konsentrasi saat mengendarai mobil tersebut. Di sisi lain, ada dugaan bahwa sopir juga sedang mengantuk, sehingga menabrak pembatas jalan di area tol Jombang-Mojokerto arah menuju Surabaya. “Tadi sopir sudah kami minta keterangan. Pengakuan si sopir, kayak kurang konsentrasi lah, mengantuk. Dia mengaku melihat asap putih, terus tiba-tiba ngeblank, terus menabrak (pembatas jalan hingga terpelanting),” kata Dwi kepada wartawan.

Media sosial sempat diramaikan dengan beredarnya video Instagram Story diduga dari akun Tubagus Joddy, sopir yang mengemudikan mobil Vanessa Angel ketika kecelakaan terjadi. Dari video beredar, akun Instagram @tubagusjoddy itu merekam video perjalanan yang diunggah di Instagram Story. Terlihat dalam video, sopir merekam saat melewati tol Nganjuk KM 555, tidak lama setelah kecelakaan terjadi, video tersebut sudah tidak ada di Instagram Story @tubagusjoddy.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional