Bisakah Menuntut Dokter Jika Pasien Tidak Sembuh Total?

Bacaan 8 Menit
Bisakah Menuntut Dokter Jika Pasien Tidak Sembuh Total?
Pertanyaan

Anak saya usia 15 tahun pernah operasi di salah satu RS di Bali atas penyakit getah bening di leher (pembengkakan di leher). Namun setelah sekitar sebulan pasca operasi suara anak saya tidak normal, alias serak. Dan pihak RS mengatakan sekitar 1 bulan suaranya normal, namun sampai saat ini belum normal. Langkah hukum apa yang bisa saya ambil jika ingin menggugat pihak RS? Terima kasih.

Intisari Jawaban

Pada prinsipnya, hubungan hukum antara dokter dengan pasien disebut hubungan kesepakatan terapeutik/perikatan terapeutik yang melahirkan aspek hukum inspanning verbintenis, yakni ikhtiar sebaik-baiknya sesuai standar yang berlaku. Hal tersebut mengingat, objek transaksi tersebut adalah upaya penyembuhan yang hasilnya tidak pasti.

Hubungan tersebut melahirkan serangkaian hak dan kewajiban, di antaranya yakni dokter wajib melakukan tindakan kedokteran atas persetujuan yang diberikan pihak yang berhak (pasien/keluarganya) setelah yang bersangkutan mendapatkan penjelasan (informed consent). Selain itu, dokter juga wajib mengikuti standar pelayanan kedokteran, yang meliputi standar profesi dan standar prosedur operasional.

Jika kewajiban tersebut dilanggar dan mengakibatkan timbulnya kerugian bagi pasien, apa saja upaya hukum yang bisa dilakukan?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.