Penolakan Merek yang Berada pada Kelas Berbeda

Bacaan 7 Menit
Penolakan Merek yang Berada pada Kelas Berbeda
Pertanyaan
Saya pernah mendaftarkan sendiri merek saya ke kantor merek. Merek saya berupa lukisan “Kepala Macan”, untuk kelas jasa 35 dengan jenis barang “butik, jasa retail pengecer, periklanan, manajemen bisnis”. Kemudian, saya mendapatkan surat dari kantor Direktorat Merek yang menyatakan merek saya diterima sebagian saja untuk jenis barang “jasa retail pengecer, periklanan, manajemen bisnis”. Sementara untuk jenis barang “butik” ditolak, karena dikatakan ada persamaan dengan merek lain, yakni merek “Lion Head” yang terdiri dari kata-kata saja di kelas barang 25 untuk jenis jasa “pakaian, celana panjang, rok, sendal, sepatu, topi, ikat pinggang”.
 
Mengapa merek saya lukisan “kepala macan” bisa ditolak oleh merek “Lion Head”, karena menurut saya keduanya berbeda yang satu merek lukisan dan yang satu merek dengan kata-kata? Apa artinya merek saya diterima sebagian dan mengapa merek saya bisa hanya diterima sebagian saja dan ditolak untuk sebagian lain? Padahal merek yang saya ajukan berbeda kelas dengan merek yang menolak merek saya?
Intisari Jawaban
Permohonan pendafataran merek ditolak jika merek tersebut mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan, salah satunya, merek terdaftar milik pihak lain atau dimohonkan lebih dahulu oleh pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis.
 
Persamaan tersebut dapat berupa persamaan secara visual, fonetik atau bunyi, dan konseptual. Selain itu, meskipun antar merek merupakan merek-merek yang berbeda kelas barang/jasanya, namun jika terdapat persamaan di antaranya, maka merek lain dapat ditolak pendaftarannya.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.
Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika