Penunjukan Langsung dalam Pengadaan Barang/Jasa oleh Swasta

Bacaan 8 Menit
Penunjukan Langsung dalam Pengadaan Barang/Jasa oleh Swasta
Pertanyaan

Salam sejahtera. Saya sebagai pihak pengadaan di perusahaan swasta mau bertanya mengenai penunjukan langsung dari sudut pandang UU Antimonopoli dan Persaingan Usaha yang Tidak Sehat. Bagaimana sebaiknya penunjukan langsung dilakukan agar tidak terindikasi melakukan persaingan usaha yang tidak sehat sebagaimana diatur dalam Peraturan KPPU No. 2 Tahun 2010? Sifat penunjukan langsung adalah pengadaan yang "tidak diumumkan secara luas", namun dalam peraturan tersebut disebutkan sebagai indikator adanya persekongkolan dalam tender. Di samping itu, supplier yang ditunjuk juga dipilih sesuai keinginan/saran dari end-user yang mana merupakan bentuk "pengaruh" dari pihak lain yang juga disebutkan sebagai indikator persekongkolan dalam peraturan tersebut. Terima kasih.

Intisari Jawaban

Perlu dipahami sebelumnya bahwa penunjukan langsung dalam pengadaan barang/jasa untuk pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki rujukan dasarnya tersendiri yang mengatur secara spesifik.

Sementara itu, pengadaan barang/jasa oleh perusahaan swasta pada dasarnya merujuk pada peraturan internal masing-masing perusahaan. Namun menurut hemat kami, ketentuan yang dibuat tentunya juga harus memperhatikan kaidah-kaidah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat termasuk pula larangan bersekongkol.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika