Yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Mengubah Izin Usaha Industri

Bacaan 11 Menit
Bacaan 11 Menit
Yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Mengubah Izin Usaha Industri
Pertanyaan
Perusahaan kami bergerak di bidang manufaktur dan perdagangan elektronik (Perusahaan A) dan perusahaan kami memiliki afiliasi (Perusahaan B) khusus trading. Saat ini perusahaaan kami berencana akan melakukan pembuatan dan/atau perdagangan sepeda.
 
Berdasarkan hal ini pertanyaan yang hendak kami ajukan:
1. Jika Perusahaan A akan membuat sepeda dan diperdagangkan apakah memungkinkan? Mengingat saat ini kegiatan usahanya adalah manufaktur dan perdagangan elektronik. Jika memungkinkan perizinan apa yang perlu kami persiapkan?
2. Jika Perusahaan B, ingin melalukan importasi sepeda dan diperdagangkan di Indonesia, Apakah memungkinkan? Jika menungkinkan perizinan apa yang harus kami persiapkan?
Intisari Jawaban
Perusahaan A yang ingin merambah industri sepeda perlu melakukan perubahan anggaran dasar dengan persetujuan Menteri Hukum dan HAM, mengurus izin usaha industri baru, dan memenuhi Standar Nasional Indonesia untuk produk sepeda roda dua.
 
Sedangkan bagi Perusahaan B yang hendak melakukan impor sepeda perlu melakukan perubahan anggaran dasar dengan persetujuan Menteri Hukum dan HAM, mengurus Angka Pengenal Impor, serta memastikan terpenuhinya Standar Nasional Indonesia untuk produk sepeda roda dua dari luar negeri. Perusahaan B juga dapat menjadi distributor produk sepeda Perusahaan A.
 
Penjelasan selengkapnya dapat Anda klik ulasan di bawah ini.
Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika