Mengenal Ajaran Sifat Melawan Hukum Materiil Warisan Prof. Komariah

Mengenal Ajaran Sifat Melawan Hukum Materiil Warisan Prof. Komariah

Ada dua pendapat bertentangan mengenai maksud dari melawan hukum. Pertama, perbuatan menentang hak subjektif yang berdasarkan undang-undang. Kedua, tidak hanya bertentangan dengan undang-undang tetapi juga tidak patut menurut lalu lintas pergaulan masyarakat.
Mengenal Ajaran Sifat Melawan Hukum Materiil Warisan Prof. Komariah

Guru Besar pada Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Prof. Komariah Emong Sapardjaja tutup usia pada umur 79 tahun di kediamannya di Tangerang Selatan, 26 April 2023 lalu pukul 00.30 WIB. Wanita kelahiran Bandung, 31 Juli 1943 ini merupakan salah satu tokoh hukum pidana di Indonesia.

Salah satu warisan yang sangat membantu hukum pidana di Indonesia adalah sebuah buku dengan judul “Ajaran Sifat Melawan-Hukum Materiil Dalam Hukum Pidana Indonesia, Studi Kasus tentang Penerapan dan Perkembangannya dalam Yurisprudensi”. Buku ini sudah dicetak dua kali, yaitu pada 2002 dan 2013 yang diterbitkan oleh PT Alumni, Bandung, Jawa Barat.

Dalam buku ini Prof. Komariah secara panjang lebar dan mendalam membahas tentang doktrin sifat melawan hukum materiil. Mulai dari landasan teoritis mengenai ajaran sifat melawan hukum materiil yang menurutnya kaidah moral, agama, susila, kesopanan yang disebut norma perilaku ada yang dikukuhkan menjadi norma hukum baik perdata, administrasi maupun hukum pidana.

Enschede menyebut hukum pidana suatu monopoli dari pemerintah (strafecht is een overheidsmonopolie). Hal tersebut terjadi karena tugas pertama setiap negara untuk mempertahankan keamanan dan ketertiban, dan karena itu negara mempunyai alat pemaksa untuk melaksanakannya, yang dalam suasana demikian tempatnya hukum pidana.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional