Ragam Peran Masyarakat dalam Putusan Pengadilan

Ragam Peran Masyarakat dalam Putusan Pengadilan

Masyarakat dapat berperan serta dalam memberi masukan ke pengadilan berkaitan dengan suatu perkara yang memang mendapat perhatian luas oleh publik. Selain eksaminasi ada juga amicus curiae, anotasi dan juga analisis.
Ragam Peran Masyarakat dalam Putusan Pengadilan

Beberapa waktu lalu sejumlah akademisi melakukan eksaminasi terhadap putusan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Polisi Ferdy Sambo yang telah dipecat dengan tidak hormat karena terbukti melakukan tindak pidana pembunuhan berencana kepada Yosua Hutabarat. Pakar Hukum Universitas Islam Indonesia Mahrus Ali yang menjadi editor dalam buku eksaminasi tersebut mengatakan, apa yang dilakukannya terbatas pada dokumen pengadilan pada tingkat pertama dan merupakan tindakan akademis.

Sebelumnya pada kasus yang sama, sebanyak 122 cendekiawan yang terdiri dari guru besar dan dosen dari universitas terkemuka di Tanah Air yang tergabung dalam Aliansi Akademisi Indonesia menyampaikan lima alasan mendukung terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E. Mereka menyatakan diri sebagai sahabat Pengadilan atau amicus curiae ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada awal Februari 2023 lalu.

Salah satu pertimbangan para akademisi itu mendukung keadilan bagi Bharada E yakni lantaran ia merupakan seorang justice collaborator (JC). Diketahui, Bharada E mendapatkan status JC dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) lantaran telah membongkar skenario pembunuhan yang dibuat oleh Ferdy Sambo untuk menutupi peristiwa pembunuhan terhadap Brigadir J.

Eksaminasi, amicus curiae, merupakan salah satu cara masyarakat ikut berperan dalam dunia peradilan. Dalam Black’s Law Dictionary eksaminasi diartikan sebagai an investigation; search; inspection; interrogation. Apabila dihubungkan dengan konteks eksaminasi terhadap produk peradilan (dakwaan, putusan) maka eksaminasi berarti melakukan pengujian atau pemeriksaan terhadap surat dakwaan (jaksa) atau putusan pengadilan (hakim).

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional