Batasan Tanggung Jawab Pengelola Jalan Tol Bila Terjadi Kecelakaan

Batasan Tanggung Jawab Pengelola Jalan Tol Bila Terjadi Kecelakaan

Pengelola jalan tol bisa dituntut secara perdata maupun pidana. Namun uraian tuntutan ke pengelola jalan tol harus secara jelas dan rinci.
Batasan Tanggung Jawab Pengelola Jalan Tol Bila Terjadi Kecelakaan
Ilustrasi kecelakaan di jalan tol. Sumber: Shutterstock

Seorang mahasiswi, Febi Khairunnisa (21), tewas setelah mobil yang dikendarainya mengalami kecelakaan karena menghindari lubang di ruas Tol Palembang-Lampung Km 362 (Tol Palembang-Kayu Agung). Peristiwa itu terjadi pada Jumat (7/1) sekitar pukul 17.34 WIB. Kecelakaan itu terjadi saat korban melaju mengendarai minibus bernopol BG-1649-KF di jalur dua Tol Palembang-Kayu Agung Km 362 (dihitung dari Bakauheni-Palembang).

Manager Operasi Waskita Sriwijaya Tol, Sabdo Hari Mukti melalui Sekretaris Perusahaan, Alex menyatakan terkait kecelakaan maut yang terjadi kemarin, pihaknya selaku pengelola ruas jalan berpendapat jika penyebab kecelakaan bukan sepenuhnya karena kondisi jalan yang rusak berlubang dan bergelombang. Dia mengatakan kondisi kecepatan minimum pengemudi di tol diduga juga merupakan salah satu sebab kecelakaan maut bisa terjadi.

"Kami juga turut berduka cita terkait kondisi korban dan keluarga korban. Namun, kecepatan (pengemudi) juga berpengaruh dalam hal ini (kecelakaan)," terangnya.

Dia mengaku belum bisa memastikan apakah pada lubang yang dihindari korban sehingga terjadi kecelakaan maut tersebut apakah sudah dilengkapi dengan rambu-rambu peringatan. Menurutnya terkait peristiwa kecelakaan maut itu pihaknya Waskita Sriwijaya Tol tidak bertanggung jawab sebab sudah ada pihak ketiga dan asuransi yang berkewajiban menangani kejadian itu.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional