Pojok PERADI

DPN Peradi Kembali Lantik Pengurus DPC Wilayah Jawa Timur

Bertempat di Graha Samudera, Bumimoro, Surabaya, DPN Peradi secara resmi kembali melantik pengurus DPC Peradi wilayah Jawa Timur periode 2021-2026 pada Selasa (4/1).

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Ketua DPN Peradi, Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M. memimpin acara pelantikan pengurus DPC Peradi wilayah Jawa Timur. Foto: istimewa.
Ketua DPN Peradi, Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M. memimpin acara pelantikan pengurus DPC Peradi wilayah Jawa Timur. Foto: istimewa.

Bertempat di Graha Samudera, Bumimoro, Surabaya, Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) secara resmi kembali melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang Peradi wilayah Jawa Timur periode 2021-2026 pada Selasa (4/1). Dipimpin langsung oleh Ketua DPN Peradi, Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M. acara ini juga diikuti oleh sejumlah anggota Peradi di seluruh Indonesia secara daring via Zoom Meeting.

 

Tetap mematuhi protokol kesehatan ketat, acara dimulai dengan pembacaan SK pelantikan dan nama pengurus DPC, di antaranya DPC Peradi Kediri, Nganjuk, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Jombang, Pasuruan, Sumenep, Magetan, Pacitan, Pamekasan, dan Tulungagung.

 

Ketua DPC Peradi Surabaya yang juga Wakil Sekretaris Jenderal DPN Peradi, Hariyanto, S.H., M.Hum. menyampaikan, pembekalan kepada advokat baru memang rutin dilakukan sebelum penyumpahan di Pengadilan Tinggi Jawa Timur. “Maka diharuskan untuk dilantik dulu dan diangkat menjadi anggota organisasi profesi. Ini adalah amanat dari Undang-Undang Advokat,” katanya.

 

DPC Peradi Surabaya sendiri diberi kewenangan untuk menyelenggarakan pelantikan dan pembekalan kepada advokat baru. Menurut Heriyanto, pembekalan oleh Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan sangat penting, karena etika profesi harus dijunjung tinggi Selain itu, dilaksanakan pula pelantikan beberapa DPC Peradi di Jawa Timur.

 

“Kita juga mengundang MURI karena pembekalan ini terbesar di seluruh dunia. Ada sekitar 1.500 advokat yang hadir di sini dengan prokes yang sangat ketat. Ini adalah wajib diketahui oleh advokat baru. Mereka harus tahu rambu-rambu etikanya. Jangan sampai advokat Peradi diadili di Dewan Kehormatan Peradi,” Hariyanto menambahkan.

 

Acara kemudian berlanjut dengan penyerahan pataka oleh Otto Hasibuan sebagai simbol dimulainya babak baru kepengurusan Peradi wilayah Jawa Timur selama lima tahun mendatang. Ia didampingi oleh Sekretaris Jenderal DPN Peradi, Dr. H. Hermansyah Dulaimi, S.H., M.H.; Ketua Harian, R. Dwiyanto, S.H., M.H.; Bendahara Umum, Dr. Nyana Wangsa, S.H., M.H.; serta segenap jajaran pengurus DPN Peradi lain.

 

Artikel ini merupakan kerja sama antara Hukumonline dengan Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi).

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru

Lihat Semua