Terbaru

Konten Marketing, Cara Firma Hukum Survive di Dunia Digital

Dengan pemanfaatan konten yang benar, Anda bisa memberikan value yang berbeda kepada calon klien dengan mempertegas company branding. Melalui cara ini, Anda akan membangun kepercayaan (trust) dan loyalitas kepada klien Anda.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi Hukumonline
Ilustrasi Hukumonline

Konten marketing merupakan salah satu strategi pada kegiatan promosi yang bertujuan untuk menarik perhatian kepada target audiens yang dituju melalui pembuatan konten-konten yang disebarkan pada media yang tepat. Definisi tersebut, bersinggungan dengan permasalahan advokat yaitu larangan untuk beriklan. Di mana hal ini tertulis pada Pasal 8 huruf b Kode Etik Advokat Indonesia yaitu “Pemasangan iklan semata-mata untuk menarik perhatian orang adalah dilarang termasuk pemasangan papan nama dengan ukuran dan atau bentuk yang berlebih-lebihan.” (Baca juga: Tak Boleh Beriklan, Ini Tips Internet Marketing Buat Kantor Advokat)

Lalu, Apa Sebenarnya Tujuan dari Konten Marketing bagi Firma Hukum?

Saat ini, zaman menuntut setiap manusia untuk cepat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan digital terutama pemanfaatan media sosial, tak terkecuali firma hukum. Firma hukum tentu tidak ingin tertinggal dengan kompetitor lainnya yang terus berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman. Walaupun tidak diperkenankan beriklan dan menjanjikan kemenangan, firma hukum dapat menggunakan strategi konten marketing yang tepat, untuk menunjukan bahwa firma hukum tersebut dapat memberikan layanan jasa hukum yang berkompeten.

Salah satunya caranya adalah, Anda bisa memberikan value yang berbeda kepada calon klien Anda dengan mempertegas company branding. Melalui cara ini, Anda akan membangun kepercayaan (trust) dan loyalitas kepada klien Anda. Bagi firma hukum yang masih kecil dan sedang merintis, Anda bisa memanfaatkan konten marketing untuk meningkatkan brand awareness.

Company branding adalah aktivitas perusahaan untuk menempelkan identitas pada dirinya sehingga akan muncul keunikan sendiri di mata konsumen. Dengan kata lain, Anda dapat menekankan spesialisasi firma hukum Anda. Semisal, ahli di bidang pertambangan, pidana, HKI, dan seterusnya. Semakin spesifik company branding firma hukum Anda, semakin besar kemungkinan calon klien mencari Anda. Ilustrasinya, seseorang yang terbelit masalah pidana tentunya akan berupaya mencari firma hukum yang paling ahli di bidang pidana.” (Baca juga: Ini Tips Hadapi Ketatnya Persaingan Bisnis Law Firm)

Pada kenyatannya, membuat konten marketing bagi firma hukum memang bukanlah hal yang mudah, beberapa tantangannya adalah sulit menemukan media yang tepat, dan tidak tahu konten apa yang harus dibuat. Tak hanya itu saja, bagi firma hukum yang sudah memulai pemanfaatan konten marketing juga memiliki tantangan untuk meningkatkan engagement di media sosial.

Ezra Aditya, Creative Head Chapter GoKampus pada acara Hukumonline Business Development Day 2021: How Content Marketing Strategy Can Help You to Grow Your Law Firm, Kamis (25/11) mengatakan “Sebelum terjun dalam pembuatan konten, kita harus mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan audiens, caranya dengan melakukan riset, trial and error, dan survei. Kemudian yang paling penting lagi adalah firma hukum harus tahu tujuan dari pembuatan konten marketing ini apa? Kalau ingin meningkatkan awareness bisa dengan membangun komunitas seperti Instagram Live, Instagram Story, dll.”

Hukumonline.com

Salah satu manfaat lainnya dari pemanfaatan digital marketing melalui konten adalah ketika calon klien Anda melakukan pencarian di internet, nama firma hukum Anda pun akan muncul pada pencarian tersebut, terlebih website yang disajikan menarik dan informatif. Sehingga, calon klien Anda akan percaya bahwa firma hukum Anda memang kredibel dan tepercaya.

Sebagai media publikasi bagi komunitas hukum terbesar di Indonesia, Hukumonline menyadari tantangan firma hukum dalam memublikasikan keahlian personilnya dengan strategi dan platform yang tepat. Dibantu oleh tim berpengalaman, dan didukung oleh media sosial yang terintegrasi dan 13.000.000 pageviews setiap bulannya, Hukumonline akan membantu firma hukum Anda menjangkau audiens yang tepat melalui pembuatan konten marketing yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti artikel/ inforial, pemasangan banner ads, sosial media, newsletter, video production, social media activation melalui event daring dan luring serta berbagai aktivitas marketing lainnya.

Segera hubungi [email protected] untuk mendapatkan penawaran terbaik dari tim kami atau pelajari lebih lanjut aktivitas publikasi online di sini.

Berita Populer

Berita Terbaru

Lihat Semua