Seleksi Anggota KPI, DPR Minta Masukan Masyarakat
Aktual

Seleksi Anggota KPI, DPR Minta Masukan Masyarakat

Oleh:
MYS
Bacaan 2 Menit
Seleksi Anggota KPI, DPR Minta Masukan Masyarakat
Hukumonline
Komisi I DPR mengumumkan 27 nama kandidat anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) periode 2016-2019. DPR berharap masyarakat memberikan masukan mengenai jejak rekam para calon. Masukan masyarakat menjadi bekal bagi anggota DPR saat melakukan uji kepatutan dan kelayakan kepada para kandidat. Uji kepatutan dan kelayakan akan digelar pada 18 dan 19 Juli 2016 mendatang. Masukan dapat disampaikan ke [email protected].

Para kandidat berasal dari beragam latar belakang. Ade Bujaerimi, Afrianto Korga, Cecep Suryadi, Maulana Arief, dan Ubaidillah yang berasal dari KPI daerah. Komisioner KPI periode saat ini, Sudjarwanto Rahmat Muh Arifin, dan asisten ahli KPI, Mega Ratna Juwita, ikut mencalonkan diri. Dari kalangan akademisi tercatat atas nama Yuliandre Darwis, Agung Suprio, Agus Sudibyo, H. Obsatar Sinaga, Mathilda Agnes Maria Wowor, Mulyo Hadi Purnomo, Surokim, dan Nurhasanah. Dari kalangan wartawan ada nama Arief Adi Kuswardono, Maulana Isnarto, dan Mayong Suryo Laksono.

Kandidat lain juga berada di lingkaran dunia penyiaran, lembaga swadaya masyarakat yang mengadvokasi isu penyiaran, dan konsultan humas seperti Dewi Setyarini (radio), Renadi Zein (konsultan komunikasi media), Redemptus Kristiawan (Yayasan Tifa), Ignatius Haryanto (penulis dan pemerhati media), Hardly Stefano Fenelon Pariela (konsultan), Riyanto Gozali (perusahaan swasta), Nuning Rodiah (konsultan), dan Muhammad Shalahuddin (deputi direktur bidang teknologi informasi).

Komisioner KPI dipilih dan bertugas berdasarkan UU No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.
Tags: