ILUNI FHUI Bagikan Tips Alumni Mendongkrak Gaji
Berita

ILUNI FHUI Bagikan Tips Alumni Mendongkrak Gaji

Ada lima hal yang bisa mendongkrak perolehan gaji jauh lebih tinggi di luar perkiraan.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Ahmad Fikri Assegaf (tengah berjas hitam) bersama pengurus ILUNI FHUI dan para peserta Mentoring Alumni, Selasa (30/7). Foto: NEE
Ahmad Fikri Assegaf (tengah berjas hitam) bersama pengurus ILUNI FHUI dan para peserta Mentoring Alumni, Selasa (30/7). Foto: NEE

Berapa gaji yang layak diperoleh lulusan baru dari Universitas Indonesia? Pertanyaan itu menjadi perbincangan akibat sebuah keluhan di media sosial belum lama ini soal tawaran gaji. Alih-alih membahas seputar tuntutan gaji yang layak diajukan, sesi ‘Mentoring Alumni’ Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) justru mengungkap lima tips sukses berkarier yang kelak justru bisa mendongkrak perolehan gaji.

 

Mentoring alumni ILUNI FHUI, Selasa (30/7), diisi oleh salah satu corporate lawyer Indonesia, Ahmad Fikri Assegaf. Pendiri Assegaf Hamzah & Partners, firma hukum terbesar se-Indonesia dalam Corporate Law Firm Ranking 2019 versi Hukumonline ini didapuk sebagai sosok mentor untuk berbagai pengalamannya merintis karier. (Baca: Ini Daftar Corporate Law Firm Terbesar dan Menengah Indonesia 2019)

 

Di hadapan para alumni muda yang rata-rata baru saja lulus dari FHUI, Fikri mengungkap kisahnya yang tak pernah terobsesi mengejar target keuntungan apalagi tumpukan uang. Di balik sukses kariernya sebagai corporate lawyer andal, bisa dikatakan ia memulainya justru secara mendadak. “Awalnya saya ingin menjadi dosen, dulu asisten Prof.Erman (Erman Rajagukguk -Guru Besar Hukum Ekonomi FHUI- red),” katanya. (Baca: Nyanyi Sunyi Kemerdekaan Profesor Erman Rajagukguk)

 

Bahkan saat menjadi pelajar, awalnya ia ingin mengambil kuliah ekonomi atau hubungan internasional. “Dulu ada tayangan televisi favorit saya namanya ‘dunia dalam berita’, isinya para diplomat memecahkan masalah dunia, itu membuat ingin jadi diplomat,” Fikri mengenang.

 

Malam hari saat mengisi pilihan jurusan untuk seleksi masuk kampus, Fikri mengaku dirinya masih berdiskusi dengan ayahnya untuk memilih apa. Tidak pernah terbayang bahwa kelak dirinya mendirikan firma hukum serta grup bisnis reg-tech Hukumonline yang telah diakui banyak pihak atas kontribusi positif bagi peradaban hukum Indonesia. Berikut 5 tips yang dibagikan Fikri kepada para alumni muda FHUI.

 

1. Kenali minat

“Akhirnya saya memilih fakultas hukum karena dekat dengan minat saya pada ekonomi,” ujarnya. Sejak awal dirinya tidak merencanakan berkarier sebagai konsultan hukum bisnis. Hanya saja Fikri mengaitkan pilihannya dengan minatnya pada urusan ekonomi. Itu pun dengan cita-cita awal menjadi diplomat.

 

Tanpa diduga, Fikri lulus di pilihan fakultas hukum. Ia bisa menikmati belajar hukum dan mengambil peminatan hukum tentang ekonomi. Takdir membawanya juga menjadi aktivis mahasiswa selama di kampus. Fikri tercatat pernah menjabat Ketua Senat Mahasiswa FHUI saat kuliah.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait