‘Amandemen’ Konstitusi Lewat Putusan MK dan Konvensi
Berita

‘Amandemen’ Konstitusi Lewat Putusan MK dan Konvensi

Putusan MK soal perppu bisa menjadi objek pengujian UU dan pilpres diikuti dua paslon tanpa putaran kedua, serta konvensi sidang tahunan MPR dalam rangka pidato presiden atas laporan kinerja lembaga negara.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 2 Menit
Gedung MPR/DPR. Foto: RES
Gedung MPR/DPR. Foto: RES

Wacana amandemen atau perubahan kelima UUD 1945 kembali disuarakan sejumlah elit politik di Senayan. Sebelumnya, konstitusi Indonesia atau UUD 1945 mengalami amandemen sebanyak empat kali oleh MPR kurun waktu 1999-2002. Namun, dalam perkembangannya, UUD 1945 pun ternyata bisa mengalami “amandemen” melalui penafsiran Mahkamah Konstitusi (MK) dan praktik ketatanegaraan atau lazim disebut konvensi.   

 

Pandangan itu disampaikan Direktur Pusat Kajian Pancasilan dan Konstitusi Universitas Jember Bayu Dwi Anggono saat dihubungi Hukumonline. Dia berpendapat pasca amandemen UUD 1945 keempat kurun waktu tahun 1999-2002, UUD 1945 sebenarnya juga mengalami tiga kali “amandemen” melalui prosedur nonformal. Berpijak pada teori K.C Wheare, dia menjelaskan perubahan UUD 1945 tidak harus melalui prosedur formal di lembaga MPR.

 

“Tetapi, amandemen bisa juga dilakukan melalui penafsiran MK melalui judicial interpretation-nya dan kebiasaan konvensi ketatanegaraan. Jadi, jangan kita antipati pada kelompok yang menginginkan adanya perubahan UUD 1945,” kata Bayu kepada Hukumonline, Rabu (21/8/2019). Baca Juga: Syarat Pemenang Pilpres 2019, Ingat Putusan MK Ini!

 

Ia mengutip teori K.C Wheare ini yang menentukan perubahan konstitusi melalui empat metode yakni some primary force, formal amandement, judicial interpretation, usage and convention. “Saat ini, UUD 1945 juga telah diubah berdasarkan judicial interpretation dan usage and convention,” tegasnya.

 

Dia menerangkan ada tiga amandemen/perubahan UUD 1945 di luar prosedur formal yang selama ini dilakukan MPR. Pertama, melalui Putusan MK No. 138/PUU-VII/2009 yang menyatakan MK berwenang menguji Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) terhadap UUD 1945. Padahal sesuai original intent dan bunyi Pasal 24C UUD 1945, disebutkan MK berwenang menguji UU terhadap UUD 1945 dan tidak pernah memberi kewenangan kepada MK untuk menguji Perppu.

 

“Tapi, setelah putusan MK tersebut sampai saat ini, MK telah berkali-kali menguji Perppu terhadap UUD 1945," ujarnya.

 

Kedua, melalui Putusan MK No 50/PUU-XII/2014 tanggal 3 Juli 2014, MK menyatakan Pasal 159 ayat (1) UU Pilpres inkonstitusional bersyarat sepanjang pilpres hanya diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden. Dalam amar putusannya, Pasal 159 ayat (1) UU Pilpres dinilai bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat sepanjang tidak dimaknai tidak berlaku untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden yang hanya terdiri dari dua pasangan calon.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait