Aturan Pengelolaan Sampah dan Solusi Permasalahan Impor Limbah

Bacaan 8 Menit
Aturan Pengelolaan Sampah dan Solusi Permasalahan Impor Limbah
Pertanyaan
Saya membaca berita katanya penelitian memprediksi 710 juta ton plastik akan mencemari lingkungan pada 2040. Untuk mengatasi hal itu, sudah adakah upaya pemerintah Indonesia untuk mengurangi atau mengelola limbah plastik? Mengingat saat ini pengelolaan sampah di Indonesia masih buruk dan belum merata. Kemudian bagaimana dengan kebijakan impor sampah/limbah yang masih diperbolehkan guna bahan baku industri? Apakah sudah berjalan dengan baik atau justru malah menambah deretan permasalahan sampah/limbah?
Intisari Jawaban

Salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mengelola sampah adalah melalui pengaturan pengelolaan sampah yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah.

Adapun mengenai kebijakan impor limbah memang masih dimungkinkan di Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 20 Tahun 2021 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Menjawab pertanyaan Anda, dalam praktiknya pelaksanaan impor limbah sebagai bahan baku industri masih menuai permasalahan di lapangan. Pelanggaran dengan modus penyelundupan limbah bahan berbahaya dan beracun (“B3”) lintas negara, pemalsuan dokumen dan mencampurkan limbah B3 ke dalam limbah lainnya masih terjadi.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika