Webinar

Penyelesaian Sengketa Konsumen di Era Digital

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi terbaru dan arah kebijakan mengenai perlindungan hukum konsumen dan penyelesaian sengketanya, khususnya dari segi penerapan online dispute resolution dan small claim court.
Penyelesaian Sengketa Konsumen di Era Digital

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UU PK) belum mampu mengakomodasi kebutuhan disrupsi perkembangan ekonomi digital. Akibatnya, terjadi kekosongan hukum dalam hal pengaturan transaksi elektronik antara pelaku usaha dan konsumen, dan penyelesaian sengketa yang terjadi di antara kedua belah pihak secara daring.

Kekosongan hukum itu secara parsial diatur oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Namun UU ITE, dengan keterbatasannya, belum secara spesifik mengatur mengenai transaksi antara pelaku usaha dan konsumen. Kekosongan lain yaitu belum ada peraturan yang memberikan pelindungan dan penyelesaian sengketa konsumen secara daring. Dengan demikian, perlu ada kejelasan peraturan perundang-undangan, mulai dari pelindungan pada transaksi elektronik, penyelesaian sengketa, serta penegakan hukum di bidang pelindungan konsumen, yang bisa digunakan untuk menjawab tantangan tersebut.

Untuk menjawab isu di atas, para pemangku kepentingan dan kebijakan perlu berdiskusi dan berbagi informasi mengenai pengetahuan, informasi dan gambaran terkini mengenai implementasi hukum pelindungan konsumen selama 22 tahun sejak berlakunya UU PK, risiko yang muncul karena perkembangan digitalisasi dalam transaksi, rekomendasi arah pengembangan online dispute resolution (ODR), serta potensi pemanfaatan mekanisme gugatan sederhana bagi penyelesaian sengketa konsumen di Indonesia.

Kegiatan ini akan dibuka oleh Ibu Sita Zimpel selaku Principal Advisor, Consumer Protection in ASEAN (PROTECT), dihadiri oleh Bapak Dr. Rizal E. Halim (Ketua, Badan Perlindungan Hukum Nasional) sebagai Keynote Speaker, dan dimoderatori oleh Christina Desy selaku Manager Legal Research & Analyst, Hukumonline.com.

Waktu & Tempat Kegiatan

Hari, Tanggal, Waktu, Tempat

Hari, Tanggal: Kamis, 9 Desember 2021

Pukul: 08.30 s.d. 12.00 WIB

Platform: Zoom Webinar & Live Streaming via Channel Youtube Hukumonline

Fasilitas

E-Certificate

Soft Copy Materi

Materi

  1. Refleksi Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, disampaikan oleh Prof. Bernadette Waluyo
  2. Risiko dan Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Digital, disampaikan oleh Alfatika Aunurella Dini, P.hD.
  3. Online Dispute Resolution dan Digitalisasi Penyelesaian Sengketa Konsumen, disampaikan oleh Muhammad Faiz Aziz, S.H., S.IP., LL.M.
  4. Penyelesaian Sengketa Konsumen melalui Mekanisme Gugatan Sederhana, disampaikan oleh Aria Suyudi, S.H., LL.M.
Brosur Kegiatan

Unduh brosur acara dan formulir registrasi untuk keperluan perusahaan Anda.