Contoh Format Surat Lamaran Kerja Tanpa Pengalaman Sesuai Keperluan
Terbaru

Contoh Format Surat Lamaran Kerja Tanpa Pengalaman Sesuai Keperluan

Mencari contoh surat lamaran kerja tidak boleh asal. Struktur dan bahasanya haruslah tepat. Berikut contoh surat lamaran yang benar yang pas untuk para lulusan baru.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 6 Menit
Ilustrasi surat lamaran kerja. Sumber: pexels.com
Ilustrasi surat lamaran kerja. Sumber: pexels.com

Menjelang kelulusan, kegiatan mencari kerja pastinya mendominasi waktu sehari-hari. Jika hendak melamar kerja ke instansi pemerintahan, perusahaan nasional, atau perusahaan swasta besar lainnya, perhatikan surat lamaran kerja yang ditulis, ya! Jangan sampai mengirimkan surat dengan format yang salah, berikut contoh surat lamaran kerja yang bisa digunakan para lulusan baru sesuai keperluan.

 

Sebelum mencari contoh surat lamaran kerja yang tepat, mari kenali dulu perihal surat lamaran dan sejumlah aturan dalam penulisannya. Surat lamaran adalah sebuah surat yang dibuat oleh pelamar kerja dan ditujukan kepada orang atau instansi yang dapat memberikan pekerjaan.

 

Dalam praktiknya, contoh surat lamaran kerja dapat dikirimkan setelah ada informasi mengenai ketersediaan lowongan. Tujuannya tidak lain untuk melamar posisi yang dibutuhkan.

 

Akan tetapi, bila belum ada informasi soal lowongan yang diinginkan, pelamar juga dapat mengirimkan contoh surat lamaran pekerjaan dengan tujuan mencoba peruntungan atau menanyakan ketersediaan lowongan.

 

Perihal cara penulisannya, surat lamaran kerja terbagi atas surat yang ditulis tangan dan surat yang diketik. Kemudian, jika dilihat dari bentuk atau modelnya, surat lamaran kerja terbagi atas dua jenis, yakni model gabungan dan model pisah.

 

Model gabungan merupakan bentuk surat lamaran kerja yang menggabungkan lamaran dengan daftar riwayat hidup. Dalam bentuk ini, daftar riwayat hidup bukan merupakan lampiran pendukung, melainkan isi dari surat itu sendiri.

 

Surat dengan model gabungan direkomendasikan bagi pelamar yang hendak coba-coba atau menanyakan ketersediaan lowongan, sebab semua informasi sudah termuat dengan rinci dalam satu surat, praktis.

Tags:

Berita Terkait