Strategi Hiswara Bunjamin & Tandjung Sukseskan Transaksi Akuisisi Mercedes-Benz
Terbaru

Strategi Hiswara Bunjamin & Tandjung Sukseskan Transaksi Akuisisi Mercedes-Benz

Strategi utama HBT memakai lawyer yang memiliki spesialisasi dalam bidang berkaitan dengan transaksi seperti ini. Mulai dari due diligence issues sampai dengan urusan membuat document transaction.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Belum lama ini, Hiswara Bunjamin & Tandjung in association with Herbert Smith Freehills (HBT) memberikan saran kepada distributor otomotif global Inchcape plc. Saran yang diberikan ialah mengena akuisisi operasi bisnis perakitan dan distribusi Mercedes-Benz di Indonesia.

Dari transaksi yang berlangsung 70% saham anak perusahaan Mercedes-Benz ini akan diakuisisi Inchcape. Sementara itu, mitranya di Indonesia yakni PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil) akan melakukan akuisisi terhadap 30% saham lainnya.

“Inchcape plc beroperasi di bidang distribution mobil, khususnya yang luxury. Jadi dia di dunia cukup aktif untuk distribution. Misalnya, Mercedez Benz atau Jaguar Land Rover,” ujar Senior International Counsel HBT sekaligus Partner Herbert Smith Freehills, David Dawborn saat dihubungi Hukumonline, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga:

Ia menuturkan bagi brand mobil luxury seperti Mercedez-Benz, Land Rover, atau sejenisnya memiliki core bisnis yang bukan distribusi, melainkan untuk desain dan produksi kualitas tinggi. Karena itu, biasanya ada dorongan dari brand owner untuk tidak perlu menjajaki hingga distribusi.Pada kondisi seperti itu brand mobil luxury biasa semacam memberi license kepada pihak lain untuk mengambil alih dari segi distribution di negara-negara tertentu. Dalam hal ini, Inchcape plc yang mengambil peluang itu.

“Dia dari HQ-nya di London, United Kingdom, dan sudah dimana-mana ambil distribution role assembling. Mercedez sudah minta expression of interest dari pihak lain yang mengambil di Indonesia. Karena selama ini Mercedez-Benz punya 2 PT di Indonesia. PT yang assembling, jadi ambil bagian spare part dari luar negeri dan assembling di sini. Keduanya, PT untuk distribusi ke market di Indonesia.”

Dalam rangka transaksi ini, Mercedez-Benz tidak berkeinginan untuk handling sendiri distribusi dan assembling di Indonesia. “Dia sekarang menunjuk usaha patungan yang dimiliki oleh Inchcape 70% dan 30% oleh PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil). Karena Indomobil juga join dengan Inchcape dalam rangka bisnis ini. Karena mereka sudah dari tahun lalu sudah mengambil Jaguar Land Rover juga.”

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait