Tarif Dianggap Tidak Realistis, Hakim Federal Virginia 'Pangkas' Fee Advokat Ini
Terbaru

Tarif Dianggap Tidak Realistis, Hakim Federal Virginia 'Pangkas' Fee Advokat Ini

Tarif yang dimintakan Quinn Emanuel Urquhart & Sullivan sebesar $1.690 per jam atau sekitar Rp 26 juta untuk lead Partner dan $1.385 per jam atau sekitar Rp 21,5 juta untuk Associates. Angka tersebut dianggap pengadilan tidak realistis jika dibandingkan dengan harga pasar saat ini.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi fee lawyer. Foto: BAS
Ilustrasi fee lawyer. Foto: BAS

Hakim Federal di Virginia memangkas drastis tarif atau fee advokat yang diminta Quinn Emanuel Urquhart & Sullivan terhadap jasa hukum yang diberikan. Ialah jasa dalam menegakkan perjanjian penyelesaian sebesar 6 juta USD yang berhasil didapatkan firma hukum dalam kaitannya dengan dugaan penipuan bank dan skema pencucian uang yang di dalamnya melibatkan Model Tobacco Building di Richmond. 

Seperti dilansir Law.com, tarif yang dimintakan Quinn Emanuel Urquhart & Sullivan sebesar $1.690 per jam atau sekitar Rp 26 juta untuk lead Partner dan $1.385 per jam atau sekitar Rp 21,5 juta untuk Associates. Angka tersebut dianggap pengadilan tidak realistis jika dibandingkan dengan harga pasar sekarang. Karena itu, terhadap permintaan biaya yang diajukan firma hukum itu mendapat penolakan dari pengadilan.

Baca Juga:

Tentunya sikap ini berimplikasi pada keputusan penting yang berdampak bagi lanskap hukum seputar kasus terkait. Tarif yang dimintakan oleh pihak firma hukum Quinn Emanuel Urquhart & Sullivan dianggap hakim berlebihan dan tidak selaras dengan standar (fee) jasa hukum yang berlaku di kawasan mereka.

Maka dari itu, menimbang dari tarif advokat-advokat di Richmond, Virginia, dengan melakukan pertimbangan terhadap aspek secara sebanding dengan melihat kemampuan dan reputasi firma hukum, hakim mengurangi biaya yang diminta Quinn Emanuel Urquhart & Sullivan menjadi hanya lebih dari $50.000.

Dari intervensi pengadilan itulah yang membuat biaya yang diminta firma hukum Quinn Emanuel Urquhart & Sullivan terjadi pemotongan biaya (fee) yang cukup besar. Seperti dikabarkan JDJournal, pengurangan yang dilakukan mencapai persentase hampir senilai 80% dari jumlah yang awalnya diusulkan pihak firma hukum tersebut.

Putusan ini memberi pesan yang jelas dan tersirat perihal kesesuaian tarif per jam yang dikenakan oleh advokat. Termasuk sebagai putusan yang menjadi preseden dalam mempertimbangkan penetapan biaya jasa hukum oleh firma hukum dalam pasar jasa hukum di Richmond.

Tags:

Berita Terkait