10 Besar PTS Almamater Partner Kantor Hukum Ternama Indonesia
Top Law Schools For Law Firm Leaders Ranking 2022

10 Besar PTS Almamater Partner Kantor Hukum Ternama Indonesia

Gambaran umum mengenai PTS yang memiliki lulusan sebagai partner kantor hukum ternama disajikan dalam bentuk statistik deskriptif. Data statistik PTS ini diperoleh melalui kegiatan survei Top 100 Indonesian Law Firms 2022 yang diselenggarakan oleh Hukumonline.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
10 Besar PTS Almamater Partner Kantor Hukum Ternama Indonesia
Hukumonline

Laporan Lengkap Pemeringkatan Perguruan Tinggi Almamater Partner Kantor Hukum Ternama Indonesia bisa diunduh pada tautan link berikut ini! https://s.id/Laporan22

Peran lulusan perguruan tinggi dalam pembangunan menjadi salah satu luaran konkret dari diskusi keilmuan di perguruan tinggi, yang mana hal ini menjadi salah satu perhatian dalam reformasi orientasi pendidikan. 

Profesi advokat merupakan salah satu profesi yang menjadi luaran konkret aktivitas akademis di perguruan tinggi tersebut. Keberadaan advokat dalam negara hukum menjadi relevan di dalam negara yang berprinsip sebagai negara hukum seperti Indonesia. 

Hukumonline melalui Top Law School for Law Firm Leaders Ranking 2022 melakukan pemeringkatan perguruan tinggi almamater partner kantor hukum ternama di Indonesia.

Baca Juga:

Pemeringkatan ini merupakan gambaran umum mengenai jumlah lulusan advokat dari perguruan tinggi khususnya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tergabung dalam kantor hukum yang berada dalam tingkatan jabatan partner.

Survei hanya terbatas pada lingkup partner. Hal ini dikarenakan partner merupakan level karir yang paling tepat untuk diakui sebagai praktisi hukum berkualitas. Secara umum butuh pembuktian panjang dalam karier untuk mendapat promosi atau peluang menjabat posisi sebagai partner.

“Berdasarkan data yang diperoleh teridentifikasi bahwa tidak semua perguruan tinggi yang menjadi almamater kantor hukum memiliki program studi atau fakultas yang khusus mempelajari ilmu hukum,” kata Katon Baskoro selaku Research & Awards Manager Hukumonline.

Beberapa partner hasil survei, mengaku lulus dari kampus kedinasan seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) atau Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan kampus teknik.

Gambaran umum mengenai PTS yang memiliki lulusan sebagai partner kantor hukum ternama disajikan dalam bentuk statistik deskriptif. Data statistik PTS ini diperoleh melalui kegiatan survei Top 100 Indonesian Law Firms 2022 yang diselenggarakan oleh Hukumonline.

Survei ini dilakukan rentang bulan Mei 2022 hingga Juni 2022, Hukumonline mengumpulkan data secara langsung dari berbagai kantor hukum ternama di Indonesia yang terdaftar dalam Top 100 Indonesian Law Firm 2022.

Seluruh kantor hukum yang terdaftar tersebut memberikan berbagai informasi dalam bentuk jumlah fee earners, practice area, pengalaman penanganan perkara, dan perguruan tinggi sebagai almamater dari para partner kantor hukum.

Data yang diperoleh dalam pemeringkatan tersebut mencapai 700 partner yang tersebar di 167 kantor hukum dari sejumlah provinsi di Indonesia. Hasil penelitian ini menyatakan angka statistik tidak merepresentasikan kualitas perguruan tinggi pada aspek keilmuan tertentu, tetapi lebih memberikan gambaran umum mengenai distribusi angka perguruan tinggi di Indonesia yang menghasilkan advokat, khususnya partner pada kantor hukum ternama di Indonesia.

Hukumonline.com

“Pemeringkatan ini berdasarkan pada jumlah lulusan perguruan tinggi yang berprofesi sebagai advokat pada posisi partner di kantor hukum. Data ini diperoleh melalui survei Top 100 Indonesian Law Firms 2022 yang diselenggarakan oleh Hukumonline, diperoleh 262 partner kantor hukum di Indonesia beserta asal PTS atau almamater kantor hukum dengan berbagai jenjang pendidikan,” jelas Katon.

Dalam rangking tersebut, Fakultas Hukum Universitas Trisakti menduduki posisi pertama sebagai almamater kampus swasta yang telah berhasil menghasilkan praktisi hukum yang berkualitas di bawah naungan kantor hukum di Indonesia.

“Ini membanggakan. Saya selalu berharap kepada alumni yang sudah berpraktik, baik yang sudah menjadi partner atau belum untuk mempertajam targetnya bukan sekadar menjadi partner saja,” kata Bono Daru Adji, selaku Managing Partner Assegaf Hamzah & Partner (AHP) yang juga merupakan salah satu alumni  FH Universitas Trisakti.

Ia juga mengajak agar lulusan FH Trisakti dapat menjadi praktisi yang andal dan diakui profesionalitasnya di regional dan internasional yang dikenal oleh law firm di luar negeri sebagai lawyer yang memang internasional.

Persebaran kampus swasta ini lebih tinggi dan beragam daripada kampus negeri sebagai almamater partner kantor hukum ternama. Jumlah kampus di seluruh provinsi di Pulau Jawa juga lebih dominan daripada kampus di provinsi lainnya sebagai almamater partner kantor hukum ternama.

Tags:

Berita Terkait