3 Inspirasi Karier Hukum Pilihan Sepanjang Tahun 2023
Kaleidoskop 2023

3 Inspirasi Karier Hukum Pilihan Sepanjang Tahun 2023

Menghimpun sejumlah kebijaksanaan corporate lawyer dan corporate counsel ternama Indonesia.

Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Arief Tarunakarya Surowidjojo, Anika Faisal, Mohammad Syah Indra Aman. Foto Kolase: RES
Arief Tarunakarya Surowidjojo, Anika Faisal, Mohammad Syah Indra Aman. Foto Kolase: RES

Setelah libur akhir tahun 2023 berlalu, biasanya sejumlah resolusi dibuat untuk menyambut masa depan karier yang lebih baik dan sukses. Tentu saja ukuran sukses bagi tiap orang berbeda. Namun, semuanya pasti tidak lepas dari strategi dan usaha yang tidak sembarangan.

Sepanjang tahun 2023, Hukumonline mewawancara sejumlah tokoh dan profesional hukum di Indonesia. Ada beragam cerita yang dikemas dalam berita berkisah (feature) khusus untuk Anda pembaca setia hukumonline. Beberapa cerita mungkin sulit dipercaya, tapi memang begitu adanya yang Hukumonline dengar dari para pemilik cerita.

Pada akhirnya, setiap cerita bisa jadi inspirasi berharga untuk menyusun strategi kesuksesan pribadi. Nah, berikut ini Hukumonline pilihkan tiga inspirasi dari tiga orang profesional hukum di sektor jasa hukum. Kisahnya ada di bawah tema besa Practice Wisdom. Baca saja dulu, siapa tahu relevan untuk Anda, para profesional muda yang masih penuh semangat membara.

1. Indra Aman, dari Law Firm ke Corporate Counsel

Mohammad Syah Indra Aman adalah Direktur & Chief Legal Officer di PT Adaro Energy Indonesia, Tbk. Karier hukum ia rintis dari Minang Warman Sofyan & Associates Law Office hingga berlabuh ke firma hukum besar Lubis, Ganie, Surowidjojo (LGS). Kesibukan sebagai corporate lawyer akhirnya beralih menjadi corporate counsel. Hingga tahun 2023, sudah 27 tahun, Indra menggeluti profesinya sebagai penasihat hukum internal di perusahaan. Jika ditambah pengalaman di law firm, tidak kurang dari tiga dekade karier profesi hukum telah ditekuninya. Tentu saja ada banyak kebijaksanaan yang utuh dari pengalamannya menjadi penasihat hukum perusahaan dari luar dan dalam. Kisahnya penting disimak bagi Anda para Associate atau Partner yang sedang mencari inspirasi sebelum beralih menjadi corporate counsel.

2. Arief T Surowidjojo, 46 Tahun Berkarier di Law Firm

Siapa yang tidak kenal nama Arief Tarunakarya Surowidjojo di jagat hukum bisnis di Indonesia? Hampir lima dekade Arief Surowidjojo membuktikan kiprahnya yang telah diakui secara nasional dan internasional. Namanya tercatat sebagai mentor bagi banyak corporate lawyer dan corporate counsel andal Indonesia. Sejumlah law firm kenamaan era 2000-an lahir setelah para pendirinya berguru di bawah tempaan Arief Surowidjojo. Belum lama ini Arief bahkan memulai babak baru kariernya dengan transformasi terbaru kantor hukum di bawah namanya. Bagaimana sebenarnya sosok Arief Surowidjojo bisa menjadi demikian dipercaya, bahkan untuk menangani kasus-kasus atas nama negara? Jangan lewatkan mencari inspirasi dari membaca kisah Arief Surowidjojo yang sudah Hukumonline ringkas untuk Anda.

3. Anika Faisal, Yuris-Bankir selama 33 Tahun

Lebih dari separuh hidup Anika Faisal diisi berkarier bankir. Ia pula yang ikut merintis profesi jabatan Direktur Kepatuhan di dunia perbankan Indonesia. Ia sendiri tidak menyangka kariernya akan melambung di dunia perbankan. Anika tidak hanya sekadar corporate counsel, ia adalah bankir yang paham benar industri perbankan. Kemampuannya diakui dengan pernah dilibatkan menangani krisis moneter yang menumbangkan bisnis perbankan pada tahun 1998 silam. Anika salah satu bankir yang terlibat sebagai tokoh kunci di Badan Penyehatan Perbankan Nasional. Merintis karier dari Bank Niaga—kini CIMB Niaga—, Anika kini bergabung Bank Jago yang berbasis teknologi digital. Penasaran dengan inspirasi apa yang Anika bagikan? Baca selengkapnya pada kisah Anika Faisal.

Tags:

Berita Terkait