Indonesia Jadi Tuan Rumah IPBA Regional Conference 2023
Terbaru

Indonesia Jadi Tuan Rumah IPBA Regional Conference 2023

Konferensi IPBA tema tahun ini bertajuk Capitalizing on Indonesias Imperative Capitals: The New Capital City, Human Capital, dan Investment Capital.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Indonesia Jadi Tuan Rumah IPBA Regional Conference 2023
Hukumonline

The Inter-Pacific Bar Association (IPBA) bakal menggelar IPBA Regional Conference 2023 di Jakarta. Perhelatan ini bakal digelar di InterContinental Jakarta Pondok Indah, pada 18 September 2023 mendatang. Tema konferensi IPBA yang diusung tahun ini bertajuk “Capitalizing on Indonesia’s Imperative Capitals: The New Capital City, Human Capital, dan Investment Capital”.

“Ini salah satu bentuk kepercayaan dari IPBA, which is one of the largest bar association yang covering Asia Pacific lawyers. Indonesia sendiri terakhir kali mendapat kepercayaan menyelenggarakan annual conference yang digelar di Bali pada 2005 silam,” ungkap Ketua Pelaksana IPBA Regional Conference 2023 Jakarta, Abi Abadi Tisnadisastra saat dihubungi, Kamis (7/9/2023).

Berbeda dengan acara annual conference di Bali itu, pada tahun 2023 ini Indonesia dipercayakan menggelar IPBA Regional Conference. Konferensi regional ini, kata Abi yang juga merupakan IPBA Jurisdiction Counsel Member for Indonesia itu, biasanya menjadi acara pertengahan tahun. Terdapat sejumlah agenda dalam Regional Conference.

Setelah Indonesia di-appoint menjadi penyelenggara, beberapa lawyers Indonesia yang memang cukup aktif di IPBA itu membentuk apa yang disebut sebagai host committee atau panitia penyelenggara. Diantaranya, Founding Partner of SSEK Law Firm Ira A. Eddymurthy, Founding Partner HHR Lawyers Nini N. Halim, Partner Soemadipradja & Taher (S&T) Denia Isetianti Permata, Stephen Igor Warokka, Kurniawan Tanzil, Helen Ongko, Emalia Achmadi.

“Kami membentuk panitia kecil dan mencoba bisa membuat acara yang bisa menarik bukan hanya untuk lawyers Indonesia, tapi juga lawyers di Asia Pacific region. Acara ini sebenarnya dibarengkan dengan Counsel Meeting untuk para officers IPBA. Jadi kita akan kedatangan officers IPBA dari berbagai jurisdiction,” ungkapnya.

Karena itulah, dalam kesempatan ini, diharapkan dapat dipergunakan oleh para lawyer baik dari dalam maupun luar negeri untuk saling berjumpa, berinteraksi, dan membangun jejaring baru. Hal tersebut menjadi salah satu dari objektif diselenggarakannya konferensi ini di Indonesia.

Adapun topik yang diusung dalam konferensi ini, pihak kepanitiaan sengaja mengangkat tema yang tengah hangat saat ini yakni Ibu Kota Nusantara (IKN). Sampai sekarang, Abadi sendiri maupun sejawat lawyer banyak yang mendapat pertanyaan seputar IKN. Di dalamnya terkadang tidak secara seluruhnya isu hukum, melainkan ada juga isu lain seperti ekonomi misalnya.

Tags:

Berita Terkait