Konsistensi Indonesia Suarakan 'Two-State Solution' Terkait Konflik Palestina-Israel
Mengadili Israel

Konsistensi Indonesia Suarakan 'Two-State Solution' Terkait Konflik Palestina-Israel

Bagi Indonesia two-state solution melalui perundingan menjadi sebuah keharusan. Mengingat dengan solusi dua negara, termasuk di dalamnya ada pengakuan terhadap kemerdekaan bangsa Palestina.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Konsistensi Indonesia Suarakan 'Two-State Solution' Terkait Konflik Palestina-Israel
Hukumonline

Di tengah peliknya penyelesaian konflik antara Palestina dan Israel yang tidak berkesudahan, Indonesia secara teguh berdiri pada posisi terus mendukung kemerdekaan bangsa Palestina. Suara sang merah putih kian lantang dikumandangkan di forum-forum internasional pasca kekejaman Israel yang semakin menjadi-jadi terhadap bangsa Palestina beberapa waktu terakhir. 

“Kalau kita bicara apa yang terjadi di Gaza sebenarnya hanya sebuah kepanjangan dari sebuah konflik yang sudah terjadi lebih dari 70 tahun. Posisi Indonesia sejak awal jelas dan alhamdullilah kita masih dapat mempertahankan konsistensi dukungan terhadap bangsa Palestina,” ujar Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi ketika dijumpai Hukumonline di kantornya, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga:

Baginya, menjaga konsistensi dalam memberikan dukungan terhadap Palestina jelas menjadi hal yang tidak mudah. Meski demikian, jalan tersebut tetap harus ditempuh Indonesia hingga menjadikannya salah satu dari beberapa negara yang terus menunjukkan keberpihakan dalam mendukung Palestina merdeka.

Menurutnya, Indonesia terus mendorong terwujudnya two-state solution melalui perundingan. Di dalamnya tentu memuat pengakuan kemerdekaan Palestina dalam penyelesaian konflik Palestina-Israel. Di samping mendesak pula gencatan senjata secara permanen, perlindungan warga sipil, sekaligus tidak dihambatnya penyaluran bantuan kemanusiaan.

“Beberapa kali pejabat dari pemerintah Israel saat ini mengatakan bahwa sudah tidak ada two-state solution, seharusnya dunia mengatakan harus ada two-state solution. Bagi Indonesia, two-state solution merupakan keharusan karena di two-state solution itu salah satunya adalah (memuat untuk mengakui) kemerdekaan bagi Palestina,” tegasnya.

Kepada masyarakat Indonesia, Retno berpesan supaya terus menyuarakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina dan tentunya atas upaya yang dilakukan pemerintah RI. Dengan begitu, apa yang dilakukan pemerintah saat ini betul-betul menjadi cerminan dari keinginan dan kehendak masyarakat Indonesia.

Tags:

Berita Terkait