Masyarakat Diminta Awasi Pemilu Lewat Laman JagaPemilu.com
Melek Pemilu 2024

Masyarakat Diminta Awasi Pemilu Lewat Laman JagaPemilu.com

"Dengan bersama-sama memantau jalannya pemilu, kita dapat memastikan bahwa setiap suara dihitung, setiap kecurangan diungkap, dan hasil pemilu benar-benar mencerminkan pilihan rakyat."

Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Sejumlah tokoh yang tergabung dalam Perkumpulan Jaga Pemilu Indonesia saat peluncuran platform JagaPemilu.com, Jumat (5/1/2024) di Jakarta. Foto: Istimewa
Sejumlah tokoh yang tergabung dalam Perkumpulan Jaga Pemilu Indonesia saat peluncuran platform JagaPemilu.com, Jumat (5/1/2024) di Jakarta. Foto: Istimewa

Pemilihan umum (pemilu) merupakan fondasi utama dalam sistem demokrasi dimana suara setiap warga negara memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan bangsa. Mengingat pentingnya menjaga Pemilu 2024 agar berlangsung jujur dan penuh integritas, situs JagaPemilu.com, sebagai sebuah platform pelaporan bagi relawan pemantau pemilu, secara resmi diluncurkan di Ruang Pertemuan Jaga Pemilu, Jum’at (5/1/2024) di Jakarta.

“Mengapa situs JagaPemilu.com ini penting sebagai alat partisipasi warga untuk memantau pemilu? JagaPemilu.com menjadi wadah melaporkan segala bentuk pelanggaran/kecurangan yang mungkin terjadi selama pemilu,” ujar salah satu pemrakarsa JagaPemilu.com, Luky Djani dalam keterangannya, Jum'at (5/1/2024).

Baca Juga:

Lucky melanjutkan masyarakat dapat secara cepat dan efektif memberikan informasi segala bentuk pelanggaran yang menjadi dasar bagi tindakan selanjutnya. Dengan melibatkan masyarakat secara langsung, potensi kecurangan dalam pemilu dapat dihindari, sehingga integritas pemilu dapat terjaga.

“Melalui JagaPemilu.com, rangkaian pemilu dari masa kampanye sampai proses penghitungan suara dapat diawasi bersama-sama guna meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi,” sambung salah satu pendiri JagaPemilu.com, Erry Riyana Hardjapamekas.    

Menurut Erry, melalui partisipasi aktif warga dalam mengawasi jalannya pemilu, JagaPemilu turut membantu terwujudnya demokrasi yang sehat dan berintegritas. JagaPemilu.com bukan hanya sekadar situs, melainkan juga bagian dari menjaga pemilu, prakarsa kolaboratif yang mengajak seluruh elemen masyarakat, warga yang menjadi relawan, termasuk media, untuk bersama-sama mengawasi jalannya pemilu.  

“Masyarakat sebagai warga negara bukan hanya memiliki hak untuk memilih pemimpinnya melalui pemilu, melainkan juga memiliki tanggung jawab memastikan bahwa suara mereka benar-benar terwakili.”

Tags:

Berita Terkait