Menanti Janji Presiden-Wapres Terpilih dalam Pemberantasan Korupsi
Terbaru

Menanti Janji Presiden-Wapres Terpilih dalam Pemberantasan Korupsi

KPK siap bersinergi dengan seluruh aparat penegak hukum dan masyarakat luas dalam mendukung pemenuhan komitmen pasangan calon terpilih.

Mochamad Januar Rizki
Bacaan 2 Menit
Jubir KPK, Ali Fikri. Foto: Istimewa
Jubir KPK, Ali Fikri. Foto: Istimewa

Hasil rekapitulasi penghitungan nasional pemilu 2024 telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) pada Rabu (20/3) malam. Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka  mendulang suara terbanyak sebesar 96.214.691 suara (58,6 persen) dari jumlah suara sah mencapai 164.227.475 suara.

Menanggapi hasil rekapitulasi tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Indonesia atas proses pemilu. Juru bicara KPK, Ali Fikri yakin kepemimpinan baru untuk lima tahun mendatang, Indonesia bakal melangkah maju dan lebih baik.

KPK sebagai lembaga penegak hukum dan garda terdepan dalam pemberantasan korupsi yang independen mengemban amanat pemberantasan korupsi bakal mendukung program-program yang bakal dijalankan pemerintah. Khususnya dalam penegakan hukum dan penguatan pemberantasan korupsi.

”Pada forum Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) di Gedung Merah Putih KPK, pada 17 Januari 2024 lalu, pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah memaparkan komitmennya,” ujarnya, Kamis (21/3/2024).

Baca juga:

Dia menjelaskan dalam kesempatan tersebut pasangan nomor 2 menyatakan penguatan reformasi politik, hukum dan birokrasi.  Serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi. Selain itu, Prabowo-Gibran pun berjanji bakal memperkuat KPK dan komitmen untuk memperketat seleksi pimpinan KPK sesuai standar tinggi. 

Berbagai program tersebut menjadi bagian dari fokus utama visi, misi dan strategi pemerintah mendatang dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Oleh sebab itu, Ali menegakan KPK bakal siap bersinergi dengan seluruh aparat penegak hukum dan masyarakat luas dalam mendukung pemenuhan komitmen pasangan terpilih.

Tags:

Berita Terkait