Michelle Yosefanny: Advokat Harus Memegang Teguh Prinsip Memberikan Pelayanan yang Terbaik dan Menjunjung Etika Profesi
Hukumonline NeXGen Lawyers 2024

Michelle Yosefanny: Advokat Harus Memegang Teguh Prinsip Memberikan Pelayanan yang Terbaik dan Menjunjung Etika Profesi

Menurut Michelle, advokat harus merancang strategi yang tepat untuk mencapai tujuan dalam memberikan pelayanan hukum terbaik. Selain itu, kode etik profesi wajib dijalankan dalam pekerjaan dan dijiwai dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga martabat profesi.

Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Mid-Level Associate MHMS Advocates, Michelle Yosefanny. Foto: Istimewa
Mid-Level Associate MHMS Advocates, Michelle Yosefanny. Foto: Istimewa

Seorang advokat harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada kliennya. Ini merupakan prinsip yang dipegang teguh oleh Michelle Yosefanny, seorang Associate di MHMS Advocates. Dia harus terus meningkatkan kompetensi dan memberikan upaya terbaik dalam pelayanan jasa hukum kepada klien.

Michelle bercerita, ketika memulai  karier sebagai seorang advokat, ia memilih untuk menjadi litigator. Pilihan ini, didasarkan atas ketertarikannya dalam menangani perkara-perkara yang membutuhkan tidak hanya pengetahuan hukum, melainkan juga ilmu-ilmu yang bersifat praktis, soft skills dan juga strategi.

Menurutnya, setiap perkara litigasi yang ditanganinya selalu memberikan pengalaman dan excitement berbeda. Hal ini membuat dirinya ikut berkembang seiring dengan tiap perkara yang dijalani.

Michelle berpandangan bahwa ketika seorang advokat bertekad memberikan pelayanan hukum yang terbaik, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah memikirkan strategi dan cara yang perlu dilakukan untuk mencapainya.

Ia menganalogikan hal ini dengan atlet, utamanya pelari, yang menentukan tujuan jarak tempuh yang ingin dicapai, apakah 5 km, 10 km, 21 km, atau 42 km. Untuk mencapai tujuan tersebut, pastinya didahului dengan penentuan strategi dan kecepatan yang diperlukan, serta menetapkan alasan yang kuat untuk mencapai tujuan tersebut.

Jika tidak mengetahui tujuan yang akan dicapai, atau tidak memiliki alasan yang kuat untuk mencapai tujuan tersebut, maka strategi dan usaha yang dilakukan akan menjadi kurang tepat sasaran dan orang tersebut berlari tanpa arah. Setelah menentukan tujuan yang ingin dicapai, barulah seseorang dapat menguraikan cara dan strategi untuk mencapainya secara lebih detail.

Agar dapat memberikan pelayanan hukum yang terbaik, seorang advokat harus memiliki semangat untuk selalu mempelajari hal-hal baru secara terus menerus. Hal ini perlu dilakukan, mengingat perkembangan dunia hukum yang sangat dinamis, serta adanya aturan-aturan hukum baru yang dikeluarkan.

Tags:

Berita Terkait