Raih Predikat Sangat Memuaskan, Disertasi Redaktur Senior Hukumonline Tuai Pujian
Utama

Raih Predikat Sangat Memuaskan, Disertasi Redaktur Senior Hukumonline Tuai Pujian

Hasil penelitian disertasi Muhammad Yasin diharapkan dapat memberikan kontribusi penting bagi perkembangan hukum keterbukaan informasi, ilmu komunikasi, dan ilmu administrasi di Indonesia.

Ferinda K Fachri
Bacaan 4 Menit
Muhammad Yasin saat menjalani sidang promosi doktor di FHUI, Depok, Sabtu (22/7/2023). Foto: FKF
Muhammad Yasin saat menjalani sidang promosi doktor di FHUI, Depok, Sabtu (22/7/2023). Foto: FKF

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) baru saja menggelar Sidang Terbuka Promosi Doktor Program Doktor Ilmu Hukum FHUI terhadap promovendus Muhammad Yasin. Dengan disertasinya berjudul "Keadilan Administratif dalam Penyelesaian Sengketa Informasi Publik yang Dikecualikan di Komisi Informasi Pusat".

Redaktur Senior Hukumonline itu dipromotori oleh Dr. Harsanto Nursadi, dengan Prof. Dr. Tri Hayati dan Dr. Nina Mutmainnah sebagai Kopromotor. Dalam sidang yang digelar Sabtu (22/7/2023) pagi itu dipimpin langsung oleh Dekan FHUI Dr. Parulian Paidi Aritonang selaku Ketua Sidang. Disertasinya itu diuji langsung oleh Tim Penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Eko Prasojo, Prof. Amzulian Rifai, Prof. Dr. Bagir Manan, Dr. Mas Achmad Santosa, Dr. Ratih Lestarini, serta Dr. Febby Mutiara Nelson.

Setelah mempelajari disertasi yang disajikan maupun mempertimbangkan dari jawaban-jawaban yang dilontarkan Managing Editor Hukumonline itu, Tim Penguji memutuskan untuk mengangkat Muhammad Yasin menjadi Doktor dalam Studi Ilmu Hukum dengan nilai yang diperoleh sangat memuaskan.

“Ini full team, semua pengujinya hadir hari ini untuk Yasin. Termasuk terima kasih kepada pak Dekan yang hadir untuk memimpin sidang hari ini. Saya izin menyampaikan pesan dari Bu Nina yang berhalangan hadir, Saudara Yasin mengerjakan disertasinya dengan passion yang kuat. Dia memahami persoalan yang diangkat dengan mendetail,” ujar Promotor Dr. Harsanto Nursadi dalam sambutannya usai pengumuman pengangkatan Doktor Muhammad Yasin di Balai Sidang Djokosoetono FHUI, Depok, Sabtu (22/7/2023).

Hukumonline.com

Promotor Dr. Harsanto Nursadi (kiri) bersama Kopromotor, Dekan FHUI, dan Tim Penguji saat sidang terbuka promosi doktor Muhammad Yasin.

Nina juga menitipkan pesan bahwa studi yang dilakukan Yasin tidak hanya penting untuk studi ilmu hukum, tapi juga ilmu komunikasi. Menurut Harsanto, disertasi Yasin juga penting bagi studi ilmu administrasi terutama bagi studi kebijakan atau regulasi, komunikasi, dan media.

Harsanto melanjutkan sedari awal perjalanan Yasin menggarap disertasinya, dirinya percaya terhadap kemampuan Yasin sebagai seorang jurnalis hukum yang menulis dengan baik. Hanya saja, tak dipungkiri masih terdapat beberapa revisi yang dilakukan sehubungan dengan gaya penulisan jurnalis yang harus menjadi gaya penulisan ilmiah.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait