Resep Generasi Penerus Menjaga Nama Besar Law Firm Ternama
Law Firm Story

Resep Generasi Penerus Menjaga Nama Besar Law Firm Ternama

Ada beragam cara yang dilakukan firma hukum terkemuka yang telah berdiri selama puluhan tahun dalam upaya menjaga nama baik dan reputasi yang dimiliki.

Ferinda K Fachri
Bacaan 5 Menit
Resep Generasi Penerus Menjaga Nama Besar Law Firm Ternama
Hukumonline

Terdapat deretan firma hukum yang telah berkiprah selama puluhan tahun di industri jasa hukum Indonesia. Namun terlepas dari sudah berpulangnya para pendiri, kantor-kantor hukum ini dapat mempertahankan “Nama Besar”-nya dan justru terus eksis di tengah persaingan yang makin ketat.

Lantas, apa saja resep di balik itu?

“Saya anak founder law firm, tapi saya benar-benar mulai dari nol. Saya ingat ketika pertama kali saya tidak mengerti apa-apa, lalu menangani case pidana untuk seorang warga negara asing yang dilaporkan di Surabaya. Saya disuruh mendampingi dari hanya mendengar penjelasan 10 menit saja,” kenang Managing Partner Markus Sajogo & Associates (MS&A) E.L. Sajogo, Senin (14/8/2023).

Baca Juga:

Ia menceritakan mendiang Markus Sajogo sejak mendirikan kantor hukumnya pada 1967 silam dikenal dalam mendidik lawyer di kantornya ‘langsung dicemplungi’ ke lapangan. “Waktu itu betul-betul saya jengkel banget, briefing gak jelas. Tapi ternyata almarhum mengawasi, beliau ingin saya punya pengalaman dari bawah,” tuturnya.

Dari berbagai ajaran almarhum advokat senior asal Surabaya itu, salah satunya menjaga integritas menjadi hal yang sangat dikedepankan. Banyak rekam jejak positif yang ditinggalkan oleh Markus Sajogo yang membuat E.L. Sajogo berkomitmen untuk melanjutkan estafet kepemimpinan di kantor hukumnya.

“Apakah ayah saya 100 persen positif? Tidak, pernah kalah? Adakah track record tidak membanggakan? Mungkin saja. Tapi apakah itu terukur dengan reputasi, integritas, nama baik yang ditinggalkan? Absolutely yes.”

Hukumonline.com

E.L. Sajogo tak menampik ada berbagai tantangan terasa setelah sang ayah tutup usia. Dalam menjawab tantangan itu, kata E.L. Sajogo, kuncinya cukup mengikuti perkembangan zaman. Bahkan, ia secara pribadi sempat banting stir memfokuskan diri dalam dunia corporate. Meski saat ini untuk kantor MS&A mempertahankan sebagai full-service law firm.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait