Berbicara Limbah B3 Beserta Unsur-Unsur Pemidanaannya

Berbicara Limbah B3 Beserta Unsur-Unsur Pemidanaannya

Pembuangan limbah B3 tidak bisa dianggap hal sepele, karena bisa menyebabkan kerugian yang sangat luas tidak hanya masyarakat, tetapi juga lingkungan sekitar.
Berbicara Limbah B3 Beserta Unsur-Unsur Pemidanaannya
Ilustrasi: Shutterstock

Kasus pencemaran lingkungan memang bukan perkara yang cukup sering dibicarakan. Padahal kasus-kasus yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan memberikan efek sangat panjang bagi perkembangan hidup manusia, khususnya warga sekitar.

Ingat saja kasus Erin Brokovich, perkara yang awalnya terlihat hanya perkara kecil ini ternyata membawa dampak yang sangat besar. Sejumlah warga di kota Hinkley, negara bagian California, Amerika Serikat menderita penyakit kanker, tumor hingga penyakit berbahaya lainnya akibat dari limbah yang dibuang oleh perusahaan energi California, Pacific Gas & Electric (PG&E).

Warga melalui Erin Brokovich dan koleganya pun mengajukan gugatan, dan akhirnya mereka menang. Perusahaan PG&E itu diharuskan membayar ganti rugi sebesar AS$333 juta atau sekitar Rp4,4 triliun, dan perusahaan tersebut diminta untuk membersihkan air yang tercemar. Namun butuh proses hingga 40 tahun untuk melakukan hal tersebut.

Kasus ini memberikan pelajaran berharga betapa pencemaran lingkungan memberikan efek negatif bagi masyarakat dan lingkungan itu sendiri. Selain itu tentunya perlu waktu yang sangat panjang untuk kembali memperbaiki kondisi lingkungan setelah tercemar limbah.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional