Anastasia Jessica Maureen: Kemampuan Hukum yang Mumpuni Harus Didukung dengan Keberanian
Hukumonline NeXGen Lawyers 2024

Anastasia Jessica Maureen: Kemampuan Hukum yang Mumpuni Harus Didukung dengan Keberanian

Jessica memahami bahwa pengetahuan dan keterampilan di bidang ekonomi dan finansial sangat membantu dalam memberikan advis dan mendampingi klien-kliennya. Berbekal keberanian, ia menempuh studi lanjut pada bidang hukum serta bisnis dan keuangan di Amerika Serikat.

Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Anastasia Jessica Maureen, Associate IM & Partners. Foto: Istimewa
Anastasia Jessica Maureen, Associate IM & Partners. Foto: Istimewa

Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan resesi ekonomi di berbagai negara di dunia, menimbulkan banyak perubahan pada industri hukum, termasuk di Indonesia. Meski telah mampu melalui ancaman resesi ekonomi, setelah pandemi Indonesia masih harus melalui tahapan Pemilihan Umum yang biasanya berdampak pada sektor ekonomi dan investasi.

Momen pemilu, biasanya menimbulkan perubahan perilaku investor yang sebelumnya aktif, menjadi wait and see atau menunggu hasil pemilu sebelum mengambil keputusan. Pada keadaan inilah kemampuan adaptabilitas serta keterbukaan terhadap perubahan sangat diperlukan oleh seorang lawyer

Jessica, seorang pengacara perempuan muda, menilai kemampuan dalam bidang hukum saja tidak cukup dalam menghadapi situasi saat ini. Pengetahuan dan keterampilan di bidang lain seperti bisnis, keuangan, dan ekonomi sangat diperlukan. 

Menurut pengacara korporat dengan pengalaman lebih dari lima tahun ini, adaptabilitas, open-minded, dan keberanian untuk thinking outside of the box merupakan kunci pembeda untuk menjadi lawyer unggulan.

Jessica memahami bahwa pengetahuan dan keterampilan di bidang ekonomi dan finansial sangat membantu dalam memberikan advise dan mendampingi klien-kliennya. Makanya, dia memutuskan untuk melanjutkan studinya ke Amerika Serikat. Walaupun tidak memiliki keluarga dan kerabat serta belum pernah bepergian ke Amerika Serikat, Jessica memberanikan diri meneruskan studinya ke negara tersebut.

Jessica kuliah di University of Pennsylvania dengan menerima Dean Scholarship. Saat itu Jessica merupakan satu-satunya murid dari Indonesia di kampus tersebut. Namun, dia berhasil memperoleh gelar LL.M dan juga Wharton Business Law Certificate, sekaligus pengetahuan mendalam di bidang hukum, finance, dan ekonomi. 

Selama menempuh studi di Amerika Serikat, selain kelas-kelas hukum, Jessica juga mengikuti kelas-kelas bisnis dan finance bersama dengan mahasiswa Wharton MBA. Dia pun mendapat kesempatan untuk menambah wawasan dan relasi dengan profesional-profesional dengan latar belakang yang beragam dari seluruh dunia. 

Tags:

Berita Terkait