Lawyer Wanita Ini Jadi Presiden Perempuan Ketiga di Organisasi Lawyer Singapura
Terbaru

Lawyer Wanita Ini Jadi Presiden Perempuan Ketiga di Organisasi Lawyer Singapura

Ia menjadi perempuan ketiga yang terpilih sebagai Presiden dalam sejarah organisasi. Presiden perempuan terakhir yang sempat menjabat sebelum Sam ialah Arfat Selvam yang memimpin di tahun 2003 silam.

Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
President of The Law Society of Singapore, Lisa Sam Hui Min. Foto: linkedin lisa sam hui min
President of The Law Society of Singapore, Lisa Sam Hui Min. Foto: linkedin lisa sam hui min

The Law Society of Singapore merupakan sebuah perhimpunan bagi seluruh lawyer Singapura. Organisasi profesi ini terbentuk berlandaskan UU Profesi Hukum di tahun 1967. Belum lama ini, mereka melakukan pemilihan presiden organisasi yang baru dan terpilih Lisa Sam Hui Min untuk menahkodai wadah profesi lawyer asal Singapura ini.

Melansir The Business Times, Lisa Sam merupakan Presiden perempuan pertama di The Law Society of Singapore setelah dua dekade. Ia menjadi perempuan ketiga yang terpilih sebagai Presiden dalam sejarah organisasi lawyer Singapura. Presiden perempuan terakhir yang sempat menjabat sebelum Sam ialah Arfat Selvam yang berkiprah pada posisi tertinggi organisasi lawyer itu di tahun 2003 silam. 

Baca Juga:

Lisa Sam akan memimpin The Law Society of Singapore sebagai Presiden ke-29. Diketahui Lisa Sam merupakan Managing Partner Lisa Sam and Company yang didirikan sejak tahun 2004. Area praktik Sam mencakup hukum korporasi, litigasi komersial, hukum keluarga dan general litigation.

Masuk sebagai advokat dan solicitor di Mahkamah Agung Singapura dari tahun 1997, Lisa Sam sempat berpraktik pada firma hukum besar dan sedang. Seperti ditampilkan melalui laman LinkedIn pribadinya, Lisa Sam sebelumnya telah menduduki posisi sebagai Vice President dari The Law Society of Singapore terhitung sejak 2021 lalu.

Pengangkatan Lisa Sam ini, seperti diberitakan The Straits Times, akan menggantikan Jason Chan Tai-Hui yang ketepilihannya dilangsungkan The Law Society of Singapore pada Jumat (3/11/2023) kemarin. Terhitung efektif per 1 Januari 2024 mendatang, jabatan baru Lisa Sam akan berlangsung selama satu tahun sampai dengan 31 Desember 2024.

Sam memperoleh gelar Bachelor of Laws (LLB) dari University of Kent di tahun 1995. Dari laman LinkedIn-nya, Lisa Sam sempat bekerja di Donaldson & Burkinshaw LLP dan Allen & Gledhill LLP. Ia juga seorang mediator yang masih terdaftar sebagai Associate Mediator di Singapore Mediation Centre, Court Volunteer Mediator di State Courts of Singapore, serta Volunteer Mediator di Financial Industry Disputes Resolution Centre Ltd.

Sebagai informasi, setiap lawyer Singapura yang memegang sertifikat praktik secara otomatis merupakan anggota The Law Society of Singapore. Organisasi profesi ini mempunyai misi dalam memberikan pelayanan terhadap para anggota dan masyarakat dengan menjaga independensi lembaga yang menjunjung tinggi supremasi hukum dengan tetap menjamin akses terhadap keadilan.

Lebih lanjut disampaikan dalam situs resmi mereka bahwa terdapat The Council of the Law Society yang berisikan 6 anggota hukum dan anggota terpilih untuk mengelola segala urusan dari The Law Society of Singapore dan memastikan pelaksanaan fungsi berjalan baik sesuai amanat UU Profesi Hukum.

Tags:

Berita Terkait